lunes, 25 de febrero de 2008

Apa ndak Sedih Anak hanya kenal Jeruk Mandarin, Pepaya, Jambu, Duren Bangkok, Apel USA/NZ?

Coba kita liat Jeruk Mandarin, Pepaya-Jambu-Duren Bangkok, Apel USA/NZ? Tersebar dimana-mana gak di kota dan di desa buah-buahan import sudah masuk di seluruh wilayah Indonesia.

Saking sudah menyebarnya bisa-bisa anak-anak Indonesia hanya akan tahu bahwa itulah buah-buahan Indonesia.....padahal khan banyak sekali yang kita miliki dan asli Indonesia....namun belum banyak yang berhasil tersebar seperti buah-buahan import tersebut.

Atas keprihatinan itu lahirlah KEJORA, yang digagas oleh Bpk. Didin D. Sastrapradja dan Ibu Setijati Sastrapradja, KEJORA telah hadir sejak 2 tahun lalu namun dalam format B/W. Mereka prihatin anak-anak sudah sangat jarang membaca lebih senang menonton TV, dan guru-guru yang kurang memiliki wawasan keindonesiaan.Anak-anak adalah harapan bangsa, itu sebabnya yang diinginkan bagaimana membantu mendampingi mereka dan kelak bisa membangun bangsa dan negara dengan tidak meninggalkan jati diri serta kekuatan alam Indonesia yang begitu melimpah, namun keadaannya saat ini dijajah oleh barang-barang import.

Kami yakin hati kita semua peduli dengan pendidikan anak-anak Indonesia....kalau dulu kita cuman peduli.....ayo kita wujudkan dengan memberikan bacaan yang menambah wawasan kekayaan alam-lingkungan Indonesia, kita bisa berikan tidak hanya kepada anak kita sendiri, tapi juga keponakan, cucu, anak jalanan, sekolah dekat rumah, dll.

Kita bisa bergerak secara individu ataupun lembaga/kantor, gagasan kami adalah semua orang/pihak yang peduli..... terlibat aktif dengan mendistribusikan informasi kekayaan alam Indonesia kepada anak-anak di sekitarnya. Kalau dulu kita biasa hanya membelikan bacaan untuk anak sendiri, maka kini tidak hanyak untuk pribadi namun juga untuk anak lingkungan sekitarnya. Bahkan staf-staf di kantor kita terlibat menyebarkan informasi ini.

Kami sadar untuk dapat diterima oleh anak-anak maka harus tampil menarik dan penuh warna dan ditulis dengan bahasa anak, maka sejak 2008 ini KEJORA tampil dengan berwarna disertai dengan ilustrasinya. Apabila ingin melihat bentuk Kejora silahkan klik disini.

Kami mohon bantuan doa sahabat dan rekan-rekan semua, semoga upaya dan cita-cita kami terwujud dan mendapat dukungan semua pihak. amin.

Salam sahabat hijau!

6 comentarios:

  1. selamat atas terbitnya kejora! cukup informatif untuk anak2. ada usul neeh.. gmn kalau di kejora dimuat juga masalah2 lingkungan yang perlu diketahui anak indonesia: pencemaran,global warming,berkurangnya hutan,dsb. bahas juga tentang hewan2 dan tanaman2 yang sudah punah dan nyaris punah. biar anak pada ngeh sejak dini. gmn?

    ResponderEliminar
  2. gimana kalo effort yang dilakukan juga diimbaukan ke sekolah-sekolah selaku pendidik kedua terdekat (atau bahkan yang utama?) setelah orang tua, mengingat pihak sekolah ada yang belum terlalu ngeh juga atau terlalu melek terhadap permasalahan lingkungan. atau juga tidak terlalu peduli? ya minimal yang diangkat nanti hati nurani dan gerakan moral untuk menjaga tempat kita hidup..ciptaan Allah. Apalagi kalo bisa masukin ke dalam kurikulum wwuahh hebat banget..mengingat begitu urgentnya sebenernya keawetan bumi Indonesia.

    ResponderEliminar
  3. Tidak hanya dari pemerintah, sekolah serta lingkungan akan tetapi dari kita sendiri sebagai orangtua juga harus memberikan informasi kepada anak-anak kita yang akan menyongsong masa depan.
    Jadi kita harus sangat peduli dengan anak-anak.....

    ResponderEliminar
  4. Rekan Matoa yth,
    Kebetulan saya sedang membibitkan bibit pohon Matoa di desa Wanayasa. Saat ini ada beberapa bibit pohon yg baru berusia 6 bulan dan saya ingin berbagi dgn anda bila berminat.
    Saya sejak 1981, ketika bekerja di Riau sdh menyebarkan pohon matoa di sana.
    Salam
    JD

    ResponderEliminar
  5. It has long been looking for this information, thank you.

    ResponderEliminar