martes, 16 de septiembre de 2008

WASTE TO ENERGY

Program Konversi Sampah Menjadi Energi ini merupakan sebuah skema pemberian insentif bagi usaha kecil, mikro, dan menengah yang disalurkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI.

Mengapa justru insentif ini diberikan kepada Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah? Beberapa hal yang mendasari hal tersebut adalah :






Jumlah usaha kecil, mikro, dan menengah lebih dari 99 persen dari keseluruhan industri dan berpengaruh signifikan terhadap perekonomian Indonesia
Sebagian besar UKMM berkontribusi signifikan terhadap pencemaran lingkungan
Signifikan terhadap upaya menyelesaikan permasalahan lingkungan, yaitu industri daur ulang dan pengomposan

Insentif finansial dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas UKMM, tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas mereka, tetapi juga untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan hidup, termasuk dalam hal mitigasi dampak perubahan iklim. Skema insentif ini memberikan tiga solusi adil, yaitu adil secara sosial, adil secara ekonomi, dan adil secara lingkungan.



Skema bagi UKMM ini menunjukkan bahwa keuntungan finansial dapat dicapai sepanjang upaya mitigasi dampak perubahan iklim ini berhubungan dengan jenis investasi. Selain itu, kelembagaan finansial secara berangsur - angsur mulai mengakui bahwa investasi perubahan iklim tidak hanya berbau lingkungan, tapi juga dapat menjadi sebuah jenis investasi yang berwawasan lingkungan.

Keterangan Lebih Lanjut :

menlh.go.id/pinjamanlunak

No hay comentarios:

Publicar un comentario