lunes, 22 de diciembre de 2008

Theresia Mia Tobi: Ibu Penyelamat Gaharu Perintis Lingkungan

Seperempat abad yang lalu, gaharu (Aquilaria spp) banyak dijumpai dan tumbuh nyaris tanpa gangguan di hutan Indonesia. Gubal atau getah gaharu mengandung damar wangi (aromatic resin) sebagai bahan baku berbagai jenis wewangian seperti dupa atau hio, parfum, dan obat tradisional. Inilah yang kemudian mendorong perburuan gaharu secara besar-besaran sejak tahun 1970-an untuk diekspor ke luar negeri.Di saat itu, terjadi pula penebangan sia-sia, artinya banyak pohon gaharu yang tidak mengandung gubal ditebang dan mati. Akibatnya, 10-15 tahun kemudian tanaman gaharu di Indonesia semakin langka dan terancam punah, keadaan ini diperparah dengan belum dikenalnya teknik budi daya gaharu oleh masyarakat.

Di dusun Bawalatang, desa Nawakote, Kecamatan Walanggitan, kabupaten Flores Timur yang lahannya bergelombang, berbukit dan di sana-sini terjal, seorang ibu rumah tangga, Theresia Mia Tobi mempunyai perhatian besar dan meluangkan waktunya untuk melakukan budi daya gaharu. Usahanya dilakukan sejak tahun 1993 mulai dari pembibitan dan penangkaran, penanaman dan perawatan. Ibu Theresia melakukan ini dengan hati yang ikhlas dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, sekaligus ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk selalu wajib menyintai lingkungan.

Dengan dukungan keluarga, orang tua dan dibantu anggota kelompok dani serta aparat desa, Ibu Theresia tanpa kenal lelah menggerakkan dan memberdayakan masyarakat melalui penanaman pohon dengan semboyan ”bila satu pohon ditebang, akan diganti dengan penanaman seribu pohon”. Kepercayaan masyarakat kepada Ibu Theresia dapat diukur dari keikutsertaan seluruh warga Desa Nawakote kemudian melakukan pembitan, penangkaran dan penanaman gaharu di pekarangan rumah maupun areal hutan.

Karena ternyata mendatangkan nilai ekonomis yang cukup banyak, Ibu Theresia Mia Tobi kemudian membagikan tidak kurang dari 11.000 bibit gaharu kepada masyarakat Desa Nawakota, Yayasan Tana Abab, Kelompok Tani Nelayan Watebula Sumba Barat, Yayasan Yaspensel Diosis Larantuka, Kelompok Tani Taw Tana, Uskup Weetebula, Mantan Bupati Flores Timur, Drs. Hendrikus Henkin, dan Kelompok Tani Gaharu di Kemaebang Desa Nawakota.

Dengan segala keterbatasannya, Ibu Theresia juga menanam berbagai tanaman kayu-kayuan seperti mahoni, ampupu, gamalina, selain tanaman perkebunan seperti ciklat, vanili, kemiri, kelapa, pisang, dan lain-lain.

Penanaman berbagai komoditas mencakup 3 hektar di areal sekitar permukiman, dan penghijauan telah menjadikan asri dan sejuk 30 hektar lahan kritis di Desa Nawakote, Kecamatan Walanggitan, Kabupaten Flores Timur.

Karena prestasi dan popularitasnya, Ibu Theresia Mia Tobi sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber pada berbagai pertemuan dan sosialisasi yang berkaitan dengan gaharu. Tidak hanya di tingkat desa, permintaan itu juga datang dari Kecamatan, Kabupaten Flores Timur, Dinas Kehutanan, Bappeda dan berbagai kelompok tani di Kabupaten Flores Timur.

Sumber: menlh.go.id

46 comentarios:

  1. Saya pesan kepada masyarakat indonesia jangan tergiur dengan nilai ekonomisnya saja, soalnya saya udah bertahun-tahun melalang buana menanam, menginokulasi,memproduksi samapai memasarkan gaharu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan sangat rumit dan dalam pemasaran banyak kendala minimal punya pembeli tetap. dan cari pembeli yang bagus pun tidak mudah. informasi dimajalah trubus itu menyesatkan.Emangnya kacang goreng jadi mau jual di pasar induk kramat jati.
    Info lebih lanjut: bila masyarakat indonesia pemilik modal ada yang mau kerja sama dengan saya bidang produksi gaharu saya ada tanaman yang udah di inokulasi umur 20- 80 tahun dan sebagian sedang di inokulasi,jenis gaharu A.malaccensis. dari pada ditanam mending kerja yang udah ada. kapasitas tanaman yang telah di inokulasi sebanyak 2000 pohon dengan diameter 75cm-175 Up.

    Waspada dengan penjual-penjual bibit dan kayu gaharu serta minyak,soalnya mahal dan ada manipulasi atau bohong jenis.

    mau tahu potensi gaharu alam di indonesia boleh tanya ama saya.

    selamat atas hati-hatinya.

    ResponderEliminar
  2. Salut atas usaha ibu Theresia, kalau ada kegiatan yg menyangkut matoa tlg krm info sbb sy tertarik utk partisipasi. tks

    ResponderEliminar
  3. salam untuk reza
    saya tertarik dengan komen anda tentang gaharu saya sekarang sedang mengumpulkan info tentang gaharu untuk di budidayakan sebagao tanaman sela di perkebunan karet,saya telah banyak membaca artikel di trubus kayaknya bagus tapi saya terkaget dengan komen anda tolong infonya untuk saya agar saya tidak rugi...



    salam



    Jehar

    ResponderEliminar
  4. saya mempunyai beberapa getahu dari Aquilaria spp, tetapi saya tidak tahu jenis Aquilaria apa, kemudian bagimana menjual getah Aquilaria dan harga per Kg berapa?

    ResponderEliminar
  5. 5.Ralat

    Salam Buat Pak Jehar,
    Gak usah kaget dengan komentar saya karena trubus menjual informasi kan bukan memberi prospek bisnis. Info lebih lanjut bapak bisa hubungi saya di Email : agarwoods_aquilaria@yahoo.co.id atau telp. 081288896500, 085297596437. thanks

    ResponderEliminar
  6. Saya juga mencari informasi tentang gaharu pa bisa melakukan konsultasi dan bagaimana cara kerjasamanya menjual gaharu thanks

    ResponderEliminar
  7. Trim's info dari Pak Rezi ttg penjualan gaharu, saya tak perlu merasa kaget, memang agak sulit menjual gaharu krn faktor harga yang relative di tamabah lagi adanya asosiasi seperti ASGARIN yang menetapkan standard harga. Tapi temen-teman yang telah menanam juga jangan terlalu pesimis krn saya sdh melihat sendiri teman saya di Arab Saudi menjual gubal super seharga 15.000,- real. kesimpulannya kita harus punya pembeli tetap dan berharap Pemerintah melonggarkan peraturan export gaharu terutama hasil dari budi daya, sehingga pekebun gaharu bisa langsung menjual kepada buyer bukan kepada Asosiasi yang terkesan menjajah bangsanya sendiri...!!!

    ResponderEliminar
  8. dulu saya sering keluar masuk hutan, dari informasi yang yang saya dengar masyarakat di pedalaman mengganggap gaharu sebagai sesuatu yang luhur, sehingga kalau mau mencari gaharu harus didasari dengan hati yang tulus dan suci, tidak boleh serakah... banyak kejadian yang menunjukan bila didasari dengan keserakahan, seringkali para pencari gaharu tidak memperoleh hasil apa-apa bahkan sering kali mendapat kecelakaan ketika mencari gaharu dihutan.

    ResponderEliminar
  9. saya mau tanya ada berapa jenis pohon yang bisa di bikin gubal gaharu,dan kemana saya bisa jual.
    saya punya gaharu dari kayu medang dan daru-daru trim`s

    ResponderEliminar
  10. bagaimana cara penjualan gaharu yang cepat dan pemilihan kualitas yang baik.thanks ...........

    ResponderEliminar
  11. Salam Gaharu.
    profisiat bagi pecinta gaharu..
    kembangkan terus gaharu di tanah indonesa tecinta

    kontak : 085339034547

    ResponderEliminar
  12. buat teman2 yang kesulitan menjual gaharu bisa hubungi saya. saya sudah 5 tahun menjual kayu gaharu ke jakarta dan saya juga mempunyai pembeli tetap yang memberi harga tinggi dan stabil. jika berminat hubungi saya di 081256234562.

    ResponderEliminar
  13. saya salah satu penggumpul gaharu di kal-sel mengharapkan adanya harga yang oke oleh asosiasi dengan memperhatikan petani agar harga jual tetap mantap yang pada akhirnya semua pihak yang terlibat mendapatkan keuntungan serta berkelanjutan baik sebagai komoditi dan pendapatan masyarakat di akan datang ,salam sejahtera bagi seluruh pencinta gaharu di Tanah air thank you

    ResponderEliminar
  14. Brngkali ada yg bs bntu,Sy butuh info tentang pohon gaharu,kenaf & sorgum.Dimana hrs beli bibit yg baik,harga bibit,Jenis bibit & tehnik penanamannya.
    Mohn kirim ke email sy,mksh../sugito di cirebon

    ResponderEliminar
  15. ass....saya lagi mencari gubal gahru super untuk di jual di kuwait, sekarang saya ada di kuwait, saya punya beberapa kenalan disini yang menanyakan gubal gahru. bagi temen2 yang punya stock bisa kasih info ke email saya idhamalgyz@yahoo.com. awal september saya akan cuti pulang insya allah bisa ketemuan, kalo barangya ok mkn bisa continue...thanx

    ResponderEliminar
  16. Pak Khaleed coba Bapak hubungi Pak Iwan : iwanr87@yahoo.co.id atau
    081256234562.
    Bapak Iwan punya pengalaman menjual gaharu...siapa tahu punya informasi yang bapak butuhkan...tks

    ResponderEliminar
  17. terima kasih mba irma, nanti aku coba contak bpk iwan

    ResponderEliminar
  18. Sy butuh & kpengen budi daya gaharu jenis SUBINTEGRA & KRASNA brngkli ada yg bs bantu kirim emailnya ke : Arthazahra@plasa.com atau kontak ke 085659832219 atau 0231.204251, mksh...[Arthazahra di cirebon.]

    ResponderEliminar
  19. Pak Artha, dalam cerita ini ada beberapa pembaca yang mungkin bisa membantu kebutuhan Bapak. Silahkan hubungi Bapak Ridwan, yang mempunya pengelaman membeli gaharu...ini kontaknya Ridwan : 081256234562. email : iwanr87@yahoo.co.id atau dengan Ibu Theresia Mia Tobi :085339034547
    trims.

    ResponderEliminar
  20. Bu teresia yg baik,mau ga bantu saya,saya mau beli biji gaharu ibu,saya pengen membudidayakan gaharunya .Pontianak

    ResponderEliminar
  21. Mas Okta, silahkan hubungi Ibu Theresia kontak : 085339034547

    Salam

    ResponderEliminar
  22. salam kenal,
    saya baru mulai menanam gaharu di sumut, dan saya ada niat melibatkan masyarakat di kecamatan saya, berbagai simpang siur info ttg gaharu terkadang membuat saya menunda niat,
    tapi saya tetap semangat dan menanam sendiri di ladang saya..
    adakah info yang bisa meyakinkan saya?

    ResponderEliminar
  23. Info apa yang simpang siur? setahu saya ini tanaman yang bernilai ekonomis, sy sudah menanam banyak.

    ResponderEliminar
  24. Saya ketinggalan nech..
    Saya adalah seorang penyuluh swakarsa, sekarang sedang sosialisasi kan ke masyarakat / warga kabupaten Asahan Sumatera utara.
    Untuk mau menanam Gaharu. Untuk penjualan nanti aja, yang penting kita mau menanam, paling tidak buat penghijauan. Kelompok kami bernama: Asahan Budidaya Gaharu. Kalau ada info atau saran membangun kirim ke: mujitani08@gmail.com, atau ke 0812 6319 0525. Terimakasih.
    Muji Tarmiji

    ResponderEliminar
  25. ass...bagi temen2 yang sudah ber budi daya gahru, jangan pesimis. di kuwait pasaran gahru untuk yang kualitas tinggi sangat bagus......email me...

    ResponderEliminar
  26. dh,
    bapak/ibu sekalian ada yang tahu nomor HP bu teresia nga?
    nomor yang di atas sudah beberapa hari tidak bisa dihubungi,
    salam
    Sutrisno

    ResponderEliminar
  27. pak, budi trims masukkannya,
    oya bu teresia sekararang sudah bisa dihubungi lagi... akhirnya...

    salam untuk indonesia hijau dan sejahtera

    ResponderEliminar
  28. salut buat ibu Theresia, boleh nih bagi2 ilmunya hehe

    buat rekan rekan yang mau beli kayu gaharu bisa hub saya di (021) 94428915
    say punya gaharu doble super yang lumayan banyak atau bisa email saya di agung.hidayat26@yahoo.com

    Thank's

    ResponderEliminar
  29. Bagus nih, cuman disini aku numpang iklan ... sapa yg butuh kompor biji jarak bisa hubungi ke email : brutus_macho@yahoo.com

    ResponderEliminar
  30. bagi teman2 y butuh minyak gaharu pure dari alam...bisa hub.saya 081311470157 .harga per tola 1,2 jt dan per kg 85 jt.trims.

    ResponderEliminar
  31. wow... komennya rame ya, ada yang pedas dan ada yang ga..begini sebagai informasi aja, yang namanya gaharu itu memang faktor pembentuknya sangat kompleks.misalnya dalam satu kebun kita inokulasi, belum tentu besaran volume hasilnya antara satu pohon dengan pohon lainnya akan sama. karena proses pembentukan gaharu itu merupakan hasil aksi dan reaksi dari proses pembentukan penyakit tumbuhan. setiap pohon akan memiliki anti bodi yang berbeda2 ada yang kuat ada yang lemah. dan untuk pohon yang mempunyai anti bodi yang lebih kuat dalam menangkal toksin2 inokulan/penyakit yang kita masukan dalam proses inokulasi sehingga gaharu yang terbentuk akan lebih sedikit. Jadi sebaiknya buat saudara2 yang buat komen yang pedas, jgnlah bersikap seperti itu, semua orang memberikan informasi pasti dengan tujuan yang baik dan mulia.dan bagi yang sudah menanam gaharu jangan berkecil hati,karena dengan menanam satu pohon aja kita sudah memberikan andil dalam produktivitas oksigen didunia ini dan kita sepakat itu merupakan perbuatan yang mulia.bagi temen2 yang kesulitan menjual gaharu silahkan hubungi saya di 081328806462

    ResponderEliminar
  32. saya punya beberapa jenis kayu gaharu di mamuju sulbar, hingga saat ini saya masih kesulitan ntuk menjualnya ada yang bisa bantu

    ResponderEliminar
  33. saya punya beberapa jenis kayu gaharu di mamuju sulbar, hingga saat ini saya masih kesulitan ntuk menjualnya ada yang bisa bantu mohon dihubungi Hp 081342200155

    ResponderEliminar
  34. saya mempunyai pohon gaharu,,,yang sudah siap panen,,tp saya kesulitan untuk pemasarannya,,,yang teratrik hubungi saya di
    telp : 0370 653619
    hp : 081805758998
    atau ke e-mail saya : nuurlpalah_idris@yahoo.com

    ResponderEliminar
  35. saya punya beberapa jenis gaharu di mamuju sulbar, mulai dari ab, tk, kacangan, teri, sampai kamedangan, kebanyakan dari pembeli hanya menginginkankan yang bagus saja super atau kelas 1, saat ini saya menampung 4 kw gaharu dari berbagai jenis yang bisa saya dapatkan setiap 2 minggu kalau ada yang bisa bantu harap hubungi HP 081342200155 atau melalui Email saya ichsanhamid@yahoo.co.id

    salam
    andi ichsan

    ResponderEliminar
  36. Salam semuanya...
    Ada yg tertarik dan mau beli nggak or bisa bantu pasarkan ? Saya mau jual pohon gaharu budi daya dilahan perkebunan 450 batang usia 7-8 th, lingkar batang 50 cm, tinggi pohon 10m, siap diokulasi. Terletak ditengah desa, 15 km dari bandara fatmawati Bengkulu. hub saya: 0811738832

    ResponderEliminar
  37. Ada yg butuh bibit sawit berkualitas...??
    Hub saya di villa putri selebar no 12 ds kandang kec. Kp melayu Bengkulu. HP. 0811738832. Tersedia bibit sawit asal kecambah PPKS Marihat Medan (DO+sertifikat lengkap) jenis DxP dan Dumpy (pohon pendek 178 btng/ha). Usia bibit 1,5 th. Tersedia juga bibit gaharu dan matoa. Bibit dan harga dijamin OK

    ResponderEliminar
  38. saya ingin tahu beberapa data diskripsi usaha pembibitan pohon gaharu (aquilaria Malaccensis) dari orang-orang yang sudah lebih dahulu mengusahakannya

    ResponderEliminar
  39. saya punya banyak kayu gaharu /....

    yang berminat hubungi
    085691686873

    ResponderEliminar
  40. Dari Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu. Biji Aquilaria Baccariana siap Panen Februari 2010. stock banyak. Dari Kebun Alam yang terpelihara. Berminat hubungi 085750001868

    ResponderEliminar
  41. saya maharani dari Merauke Papua..
    mau mencari pasar yang menjual jamur untuk Inokulasi pohon gaharu..
    Rhanie_31@yahoo.co.id

    ResponderEliminar
  42. Halo,
    Memang berita gaharu ini cenderung simpang siur, yah hitung-hitung penghijauan mudah-mudahan ada hasilnya.
    Saya baru tanam gaharu +/- 1500 batang di Tapanuli Utara. Dan benerencana nanam +/- 3 ha lagi, tapi saya ingin menyemaikan sendiri bibitnya dari biji, ada yang punya biji A.Mallaccensis dan cara penyemaiannya? Hubungi saya di : agustama.rumapea@gmail.com

    ResponderEliminar
  43. Ibu tereshia, saya punya pohon gaharu sudah berumur 3th, tolong bantu saya bagai mana mendapatkan inokulan yg baik untuk disuntikan ke pohon gaharu saya, email : ricadjhanter@yahoo.com.
    terimah kasih.

    ResponderEliminar
  44. saya punya kayu gaharu ada 2 jenis.
    1. gaharu beringin mirip strep kayu hitam (Eboni) sebanyak 100 kg.
    2. Gaharu Super 40 kg.
    Bila ada yang mau membeli saya siap mengirim, barang ada di Sulawesi Tengah ( POSO)
    Hubungi saya di jakarta 081381183838
    Terima Kasih

    ResponderEliminar
  45. mau beli kayu gaharu, hub sya!

    ResponderEliminar
  46. Ass…Saya mempunyai stok kayu gaharu jenis A. malacenssis, filaria.Gradenya adalah kacang-kacang super,juga kemedangan (A, B, C, D)dan kemedangan suling
    Asal Barng dari Maluku, dan sekarang barangny suda ada di Bandung(JABAR)
    Banyaknya barang :semuanya 30kg
    Bagi yang berminat hubungi:
    No.HP:081322202189 / 088218135268
    E-mail: ahmadgharu@yahoo.co.id

    ResponderEliminar