viernes, 22 de mayo de 2009

Saga Manis Untuk Obat Sariawan

Teringat waktu kecil, saat bibir nenek terkena sariawan. Terus Nenek mengambil tanaman merambat  di halaman rumah, dan dia kunyah daunnya. Daunnya  kecil-kecil,  mampu mengobati sariawan di bibir nenek. Dia menyebutnya daun saga.

Di beberapa daerah, Saga memiliki nama yang berbeda. Orang Jawa menyebutnya Saga telik atau Saga manis. Di Aceh disebut Thaga, Sunda menyebutnya Saga areuy atau saga leutik. Sedangkan di Gorontalo namanya Walipopo. Piling-piling nama lokal Saga di Bali. Dan sederet nama daerah lainya seperti; Seugeu (Gayo), Ailalu pacar (Ambon); Saga buncik, Saga ketek (Minangkabau), Kaca (Bugis)

Saga adalah sejenis tumbuhan perdu. Pokok batangnya berukuran kecil dan merambat pada inang membelit-beli ke arah kiri. Daunya mirip daun petai cina tapi berbentuk bulat telur serta berukuran kecil-kecil. Daun Saga menyerupai daun tamarindus indica dengan bersirip ganjil dan memiliki rasa agak manis. Saga biasa disebut Saga Manis. Saga mempunyai buah polong berisi biji-biji yang berwarna merah dengan titik hitam mengkilat dan licin.

Bunganya berwarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, dalam dukungan tandan bunga. Tumbuhan ini banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan, ladang-ladang atau sengaja dipelihara di pekarangan. Saga dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Lantas apa kegunaan Saga manis selain untuk mengobati sariawan?

• Untuk mengobati sakit amandel, ambil akar saga secukupnya. Tambahkan satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya. Setelah itu, semua bahan direbus dengan lima gelas air sampai mendidih. Buat air rebusan akar saga hingga dua gelas atau setengahnya. Setelah itu, saring air rebusan dan diminum dua kali sehari satu gelas pada pagi dan sore.

• Radang mata, ambil satu genggam daun Saga Setelah itu, daun saga digiling halus, kemudian direbus dengan dua gelas air untuk diambil uapnya. Teteskan uap air daun saga untuk mata yang terkena radang.

• Bagi penderita sariawan ambil daun saga secukupnya. Daun saga yang baru dipetik, sebaiknya dijemur beberapa menit agar layu. Lalu, daun saga bisa dikunyah-kunya sampai halus untuk berkumur.

Komposisi :
Daun maupun akar tumbuhan abrus pracatorius antara lain mengandung protein, vitamin A,B1, B6, C, Kalsium Oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan.

Anda tertarik untuk menanam Saga manis di pekarangan rumah. Tidak sulit pembibitan dan merawatnya:

Rendam biji saga dalam air hangat selama satu malam. Setelah itu warnanya akan memudar, biji Saga akan mengembang. Tiriskan, lalu tanam biji Saga dalam polybag berisi tanah dan kompos. Benamkan biji ke dalam tanah. Tunggu sampai satu minggu, sampai muncul kecambah. Kira-kira sudah 20 cm, bibit Saga bisa dipindakan ke dalam pot atau pekarangan rumah.

Perawatan: lihat kelembapan tanah, jangan terlalu sering disiram juga.

Sumber : iptek.net.id

6 comentarios:

  1. saya ingin mendapatkan buah saga manis dimana saya bisa memperolehnya.

    ResponderEliminar
  2. Pak Afrizon, Saga manis itu tidak berbuah, yang ada di fot adalah biji saga manis. Bibitnya bisa dibeli di Kebun Raya Bogor. Trims

    ResponderEliminar
  3. met siang kak irma
    saya ingin bertanya ..
    apakah Adenanthera pavonina berbeda kandungan bijina dengan Abrus precatorius ?
    saya melihat dari internet juga bahwa Abrus precatorius itu bijinya beracun,,mirip dengan racun jarak pohon (ricin )??
    atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terimakasih

    ResponderEliminar
  4. Dik Lensi....
    Jujur saya kurang paham apa yang dimaksudh dengan adenanthera pag...nama Indonesianya apa ya....hehehehe
    Kalo biji Abrus alias saga, saya juga pernah membaca di internet katanya mengandung racun...akhirnya saya tanya ke Pak Harun, bagian bibit tanaman di Kebun Raya Bogor, mengenai biji saga tsb, apa benar beracun....
    jawabannya, kalo untuk bibit, buktinya busa tumbuh...dan teman saya juga akhirnya nanam biji saga...sekarang udah jadi kecambah...
    Ya...kalo dimakan, kemungkinan biji Abrus beracun...jadi jangan dimakan ya...ditanam aja untuk obat...gimana? Tks

    ResponderEliminar
  5. wah setelah gw laksanain gw langsung segar bibir guw gag perih lagi

    ResponderEliminar
  6. apa kegunaan, khasiat dan vitamin apa saja yang ada didalam buah matoa (khusus buah bukan daun dan batang) ?

    ResponderEliminar