lunes, 5 de octubre de 2009

Permainan Mendidik: Gang'Ster - Jagalah Kebersihan Gang

Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan yang terbaik bagi masa depan anak-anak kita. Begitu pula dengan para pembuat program permainan komputer. Saat ini anak usia balita dianggap sebagai pasar yang potensial untuk program-program komputer edukatif salah satunya program permainan. Namun sebelum anda membeli program permainan komputer terbaru bagi anak kita, sebaiknya perlu diketahui keuntungan apa yang didapat oleh anak dari permainan komputer.

Permainan komputer dengan judul Gang'ster dari Akal Interaktif ini bertema teka-teki labirin dengan latar belakang perumahan di perkotaan, dapat mengajak anak untuk mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan di sekitarnya, melatih kecerdasan spasial anak untuk menemukan jalan keluar, dan melatih kecepatan berpikir anak dalam pengambilan keputusan untuk melangkah.

Dengan warna dan gambar yang menyenangkan untuk dilihat disertai latar musik yang nyaman didengar, anak akan berperan sebagai si pengumpul sampah yang diletakkan ditempat tertentu. Si pengumpul sampah harus mengambil setiap kantong sampah yang ada dan disesuaikan dengan jumlah yang diminta untuk dikumpulkan, setelah seluruh kantong sampah terkumpul, akan muncul tempat sampah akhir yang harus di capai oleh si pengumpul sampah untuk maju ke level selanjutnya.

Permainan ini terdiri dari 5 level dan 5 sub level pada setiap levelnya, dengan tingkat kesulitan makin bertambah seiring meningkatnya level, setiap level dilakukan secara bertahap oleh pemain.

Kesulitan yang akan dihadapi oleh si pengumpul sampah ada sekitar 3 (tiga) macam, yang pertama labirin yang harus dipecahkan adalah jalur jalan mana yang menuju kantong sampah atau tempat sampah akhir, kedua waktu permainan dimana seluruh kantong sampah harus sudah terkumpul sebelum waktu habis, ketiga menghindari seorang penganggu dan atau seekor anjing yang akan mengambil kantong sampah yang telah dikumpulkan sehingga kantong sampah tersebut harus diambil kembali.

Peranan kita sebagai orang tua, tentunya mendampingi anak dalam memainkan permainan ini disertai dorongan untuk memotivasi anak pada saat menghadapi kesulitan dalam setiap sub level, karena kadang anak akan frustasi jika ternyata tidak dapat memecahkan masalah dalam sub level permainan ini, juga tentunya kita juga mengetahui dan dapat memberikan penjelasan mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Cara bermain di berikan dalam program permainan komputer ini dengan detil sehingga anak dengan dibantu orang tuanya akan dapat bermain dengan baik. Program ini dapat dimainkan hanya menggunakan program windows.

Untuk lebih jauh mengetahui tentang pembuat permainan komputer ini silahkan lihat di halaman web akalinteraktif.com

11 comentarios:

  1. kalau blh krim saran,saya menyaran kan setiap bulannya di adakan event2 menarik supaya bisa lebih memotivasi anak2 untuk bermain

    ResponderEliminar
  2. Agar lebih seru, untuk anak2 yang lebih agresive, di tingkat advance, perlu di tambahkan, adegan perkelahian, antara anak2 pengumpul sampah dengan anak2 nakal berandalan yang buang sampah sembarangan, atau yang sengaja mengotori gang yang sudah dibersihkan, untuk menggangu kerjaan anak2 pengumpul sampah.
    Biasalah di dunia anak2, kadang juga ada trouble maker

    ResponderEliminar
  3. Wah.. ini oke buat diberikan kepada anak-anak.

    ini kan untuk kecerdasan spasial ya.. baik sekali jika kita mengingat teori multi intelligence. coba dibuat supaya bisa 2 players sehingga ketika game ini dapat dimainkan bersama-sama dan meningkatkan intelligence tentunya.

    misalnya saling melindungi antara player yang satu dengan yang lainnya ketika ada pengganggu atau anjing yang akan mengambil sampah.

    karena biasanya kekurangan video game adalah memunculkan sifat individual. =)

    selamat berkarya...

    ResponderEliminar
  4. akan sangat menarik dan bagus lagi untuk promosi kalau preview permainannya ditampilkan dalam website ini, kalau membaca saja kurang menarik tapi kalau ada tampilan permainannya sedikit pasti banyak yang penasaran dan tertarik untuk memiliki.

    ResponderEliminar
  5. harusnya ada test untuk mencoba game nya, jadi bisa berikan komentar yang lebih baik.
    Pastinya dibutuhkan banyak game yang mendidik, secara anak2 saat ini dicekoki dengan game yang saling membantai, game fisik, yang tidak banyak berpikir. Karena sebagai orang tua pastinya ingin di akomodir dengan hal yang berbau edukasi, cinta lingkungan, budi pekerti dan moral yg baik

    ResponderEliminar
  6. Dilihat dari garis besarnya, kayanya permainan ini cukup menarik untuk anak2, jadi mereka mengerti bahwa hidup bersih itu berarti menciptakan hidup yang sehat.

    Sepertinya akhir2 ini anak2 sudah lebih kritis sehingga ilmu pengetahuan yang di lalui melalui games bisa lebih relax dan fun.

    ResponderEliminar
  7. wah..kok namanya serem yakkk..gang'ster serasa gerombolan cilik yang punya konotasi kelompok nakal...mungkinkah memakai bahasa yang lebih halus, ini kan buat anak-anak.

    Untuk tema cukup seru juga...problem solving yang menarik buat anak-anak melihat secara visual kegaitan lingkungan...

    ResponderEliminar
  8. saya sudah memiliki salah satu CD yg dikeluarkan oleh AKAL, anak saya yg berusia 4 tahun sangat menyenangi permainan tersebut. saran saya: untuk permainan2 bg anak2, trutama setingkat TK, agar ada interaktif yang dibuat di awal atau akhir permaianan dijelaskan apa tujuan akhir dari permaianan yg dilakukan , kenapa kita harus melakukan hal tersbut dll, agar si anak tidak hanya senang bermain, namun sedik2 diajarkan mngenai manfaat apa yg bisa diambi dari permainan tersebut. semoga sukses!!

    ResponderEliminar
  9. Halo matoa, program game ini bagus sekali, apakah sudah diiklankan?? apa anda membuat iklan untuk mempublikasikan game ini?

    ResponderEliminar
  10. Terima kasih ibu Siska, kami menyebar luaskan informasi tentang tulisan ini di beberapa media social networking dan milist tertentu terkait konteks artikel. Saat ini kami tidak membuat iklan game ini, tetapi kami bekerjasama dengan pembuat game ini dalam penulisan artikel di website Matoa.

    ResponderEliminar
  11. Terima kasih atas komentar yang diberikan pada artikel ini, kami sudah sampaikan kepada Akal Interaktif sebagai bahan masukkan untuk pengembangan kedepan.

    ResponderEliminar