lunes, 28 de abril de 2008

Matoa di Bintaro Jaya Sektor 8-GH

Atas undang dari warga Bintaro Jaya Sektor 8, River Park II, taman GH, hari Minggu 27 April 2008 Matoa diundang untuk menjelaskan hal-hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang baik, pemilahan sampah, tanam pohon dll. Kegiatan tersebut dilakukan sekaligus keliling komplek GH sebagai upaya mempersatukan kebersamaan dan silaturahmi warga. Di rumah-rumah tertentu, penghuninya menjelaskan "sharing" jenis tanaman apa saja yang mereka tanam, serta manfaatnya.

Keakraban warga GH ini patut diacungkan jempol dan menjadi contoh untuk warga-warga komplek lainnya. Tidak hanya keliling komplek GH, bazar, penghargaan kepada satpam komplek dan keluarganya, juga berbagai lomba pada hari itu. Rupanya komplek ini dihuni oleh beberapa artis seperti Cok Simbara, Matias Muchus, dan Denny Chandra Iriana. Mereka sangat antusias mengikuti acara ini bersama warga yang lainnya. Ayo komplek mana lagi yang akan menyusul?

4 comentarios:

  1. Dear Mas Budi,

    Terima kasih ya atas kehadiran Matoa yang telah memeriahkan acara silaturahmi warga GH-River Park, Bintaro Jaya Sektor 8, Tangerang - Banten, di Hari Minggu/27 April 2008. Informasi yang diberikan oleh Matoa ketika kita melakukan acara Jalan Santai keliling kompleks GH - sekitar 3 KM itu, telah lebih jauh membuka wawasan warga untuk lebih perduli pada lingkungannya. Usulan dari warga pun sudah mulai berdatangan, antara lain, Tim Koordinator Warga-GH yang mulai bertugas mengayomi sekitar 115 KK sejak akhir bulan Maret 2008, diharapkan untuk memfasilitasi bagaimana caranya membuat kompos, dan lainnya. Nah.., perlu nara sumber lanjutan nih...-:)). FYI, KEJORA akan kami bagikan ke tiap rumah warga GH melampiri evaluasi kami tentang kegiatan warga Minggu kemarin yang juga kami kemas dalam rangka memperingati usaha-usaha Ibu Kartini(makanya kemarin peserta Lomba Masak Nasi Goreng kan Bapak-bapak, juga Lomba Sayang Isteri, juga Bapak-bapak yang lebih berperan). Siap-siap menerima order berlangganan KEJORA ya dari warga GH-River Park! Photo-photo nanti saya susulkan ya.

    Salam hangat dari warga GH River Park, Bintaro Jaya

    Judith Simbara
    Ketua Koordinator Warga GH-2008
    GH 4/14 - River Park II
    Sektor 8 - Bintaro Jaya
    Tangerang - Banten

    ResponderEliminar
  2. Dear Judith.... sy sedang mencari rumah di Bintaro Jaya, dan tertarik dengan lingkungan River Park....cm yg menjadi kekhawatiran sy, ada beberap org yg mengatakan kl daerah RP banjir. Mohon infonya.Thx a lot.

    ResponderEliminar
  3. saya akan sampaikan komentnya ke mbak Judith biar di balas langsung, salam

    ResponderEliminar
  4. Dear All,

    Hmmm.. River Park memang mulai kena banjir di tahun awal 2002, lalu awal 2007 -- ini lima tahun sekali kata developer waktu itu -- nah, ketika awal 2008 kena lagi, nah..sudah bukan banjir 5 tahunan lagi kan. Jadi, tahun 2008 itu warga pun melayangkan usulan (bukan protes lho) ke developer, terus audiensi ke Bina Marga dan juga Wakil Bupati Tangerang (waktu itu Bang Rano Karno). Memang jalan berliku untuk memperbaiki lingkungan. Syukurlah, usulan kami diperhatikan developer yang kemudian melakukan pencekikan arus sungai, penambahan pintu-pintu air, pemasangan pompa air serta polder dilingkungan River Park. Sehingga tahun 2009 ini, kami absen banjir -- moga-moga ini bukan karena perubahan iklim ya..-:).

    Kata "banjir" inipun sebetulnya hanya menggenangi jalan didepan sekitar 15 rumah dari sekitar 130 rumah/kavling di Block GH River Park - atau secara keseluruhan hanya menggenangi sekitar 25-an rumah di cluster River Park (Block GE, GF/GG & GH - sekitar 250 KK). Nah.. usaha kami pun rupanya tidak sia-sia, sekitar 3 minggu yang lalu, approach ke Pemda pun berbuah manis: pembangunan turap sungai dibelakang Block GH River Park pun sudah dimulai - sehingga diharapkan arus sungai nantinya tidak menggenang di sebagian ruas jalan River Park lagi tetapi bisa bablas lancar mengalir melewati kompleks kami. Walau demikian tugas warga River Park masih panjang untuk "membangunkan" pihak-pihak terkait untuk melakukan pengerukan sedimen sungai dan lain sebagainya di musim kemarau ini untuk menghindarkan luapan air sungai mampir di kompleks kami. Pokoke..warga River Park betah tinggal dilingkungan yang ijo royo-royo ini.., soal banjir...kita hadapi bersama -- mudah-mudahan tidak akan ada lagi kedepannya....

    Nah.. sementara ini, penghijauan di lokasi kami tetap dilakukan - penanaman tanaman langka (pohon lindung, perdu dan semak), biopori, daur-ulang, dan lainnya. Tahun ini merupakan tahun kedua kami diganjar Juara I untuk Lomba K-3 dari Bintaro Jaya (Keasrian, Ketertiban dan Kerapihan). Saingannya ya puluhan cluster lainnya di Bintaro Jaya dengan penduduk sekitar 22,000 ini. Agar tak mengulang informasi, saya cut & paste informasi ini dalam Bahasa Inggris ya - yang telah saya kirimkan ke beberapa teman sebelumnya.

    .... Just received on Sunday/26 July 2009, the first prize of Bintaro Jaya Environment Competition (2 years in a row) - for my housing compound - River Park (approx. 250 households), for its best K-3: Keasrian, Ketertiban and Kerapihan (fulfilling criteria among others: one of the greenest and cleanest area, and most compliance with the existing rules & regulations, besides best efforts in motivating the neigbourhood in keeping the area safe and encouraging the community consistently in preserving the environment in the area). Bintaro Jaya also extends my duty as the Environment Ambassador for Bintaro Jaya for 2009/2010 (being the Head of Block GH River Park community of 115 households). So.., ideas for creating our area for a greener and healthier area, are most than welcome..-:). Seen in the enclosed photo receiving the award with the other 3 housing clusters of different categories (among participants of many clusters of 22,000 population of Bintaro Jaya).

    Salam,
    Judith Simbara

    ResponderEliminar