lunes, 14 de abril de 2008

Sarapan Pagi dengan Belalang Goreng

Hari ini sunguh istimewa sarapan pagi yang disiapkan oleh istri saya, yaitu nasi putih plus lauknya belalang dengan tempe goreng, ternyata nikmat juga yach. Dagingnya renyah, kering, dan rasanya seperti udang, sedikit asin karena mungkin diberi garam.

Bisa jadi alternatif mengganti kebutuhan protein, dari segi rasa cukup enak, namun mungkin bagi orang yang belum biasa perlu waktu untuk menyesuaikannya. Siapa yang mau mencobanya?

2 comentarios:

  1. menurut syariah islam...belalang halal kok...tapi karena belum terbiasa aza...ya...kalo di buat peyek...mungkin enak ya....

    ResponderEliminar
  2. bagi yang tidak alergi dengan protein tinggi insya Allah ga masalah mengkonsumsi belalang dalam bentuk apapun, namun bagi yang kemungkinan alergi atau belum terbiasa disarankan agar sebelum mengkonsumsi belalang atau seafood yang tinggi proteinnya minum segelas kopi atau tepatnya wedang kopi (bukan kopi instan, tapi pake kopi bubuk biasa). Kalau bisa, serbuk kopi yang biasa ngendap di gelas bagian bawah juga ikut diminum. Kopi bubuk yang ikut terminum juga bisa berfungsi sebagai karbon aktif yang bisa mengurangi efek alergi akibat protein tinggi dalam belalang.
    Bagi yang alergi kopi atau menghindari minum kopi, bisa juga dengan cara setelah mengkonsumsi belalang atau seafood minumlah sekurang-kurangnya satu gelas (-+ 200 ml) air kelapa muda (jenis kelapa hijau lebih baik, tapi yang lain juga boleh). Efek sampingnya adalah badan jadi lemes dan persendian terasa seperti orang kelelahan. Untuk menghindari lemes setiap gelas air kelapa ditambahkan dengan garam dapur kira-kira sepertiga sendok teh.

    Selamat menikmati aneka hidangan berbasis belalang.
    Tentu ... Mak nyuss.....

    ResponderEliminar