miércoles, 21 de mayo de 2008

Konservasi Eksitu Flora Gn. Salak (PPLH Matoa)

Pada tahun 1999-2000, PPLH Matoa pernah dipercaya oleh Yayasan kehati untuk mendapat hibah program pendidikan lingkungan bagi siswa SMP dan SMA di Bogor. Saat itu 150 anak terlibat dalam program ini, selama kurang lebih 1 tahun. Mereka mendapatkan pembekalan teknis oleh para ahli dari Miseum Zoologi Bogor (MZB), Herbarium Bogoriense (HB) dan Kebun Raya Bogor, diantaranya Bpk. Tukirin, Bpk. Noerdjito, Pak Hendrian, dll.

Setelah mereka mendapatkan pembekalan di lokasi bumi perkemahan PPLH Matoa, mereka mengadakan ekspedisi ke gunung Salak, dan Salah satu yang mereka temukan adalah Amorphophalus gigas seperti terlihat di foto. Keseluruhan rangkaian program ini kemudian diakhiri dengan setiap kelompok yang terdiri dari 3 orang harus membuat buku cerita bergambar. (saat ini Bumi perkemahan tersebut sudah tidak ada).

Ternyata walaupun peserta tersebut terdiri dari siswa SMP dan SMA, belum tentu siswa SMA yang terbaik membuat buku cergam tersebut, bahkan yang memenangkannya adalah siswa SMP Regina Pacis Bogor. Salah satu yang membuat kami terharu setelah lebih dari 8 tahun program ini dilaksanakan. Ada seorang putri yang mengaku masuk kuliah di Biologi UI, karena terinspirasi oleh kegiatan ini. Adakah para pembaca website matoa sekarang yang dulu mengikuti program ini? coba sharing pengalaman tersebut di website kita ini.

Semoga kami bisa mengadakan kegiatan serupa dilain waktu dan ada pihak-pihak yang mau mendukung atau mensponsori upaya pendidikan lingkungan bagi generasi penerus bangsa. Amin

No hay comentarios:

Publicar un comentario