lunes, 12 de mayo de 2008

Tata Cara Pembuatan Kompos Cair

Dalam pengolahan kompos ini, peran masyarakat cukup tinggi. Karena budaya ini lebih efektif bila dimulai dari rumah sendiri, yaiu menumbuhkan kebiasaan untuk memisahkan sampah kering (non-organik) dan sampah basah (organik). Kenapa harus dipisahkan? karena kedua sampah tersebut pemanfaatannya berbeda, yakni : sampah kering bisa didaur ulang menjadi berbagai macam barang, sedangkan sampah organik bisa dimanfaatkan menjadi kompos dan pupuk cair. Pupuk yang dihasilkan dari sampah organik ini biasa disebut dengan pupuk organik. Selain menyehatkan lingkungan, keunggulan lain dari pupuk organik ini adalah dapat membantu revitalisasi produktivitas tanah, menekan biaya usaha tani, serta meningkatkan kualitas produk.

Pada dasarnya, sampah organik tidak hanya bisa dibuat menjadi kompos atau pupuk padat, tetapi bisa juga dibuat sebagai pupuk cair. Pupuk cair ini mempunyai banyak manfaat. Mulai dari fungsinya sebagai pupuk, hingga sebagai aktivator untuk membuat kompos.

Untuk membuat kompos cair dibutuhkan alat atau wadah yang disebut komposter. Yakni sebuah tempat yang dibuat dari tong sampah plastik atau kotak semen yang dimodifikasi dan diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Komposter ini bertujuan untuk mengolah semua jenis limbah organik rumah tangga menjadi bermanfaat.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan pengomposan dengan menggunakan komposter, adalah sebagai berikut :

1. Pilih sampah organik seperti sisa makanan, sisa sayuran, kulit buah, sisa ikan, dan daging segar agar terpisah dari sampah. Sampah berupa plastik, kardus bekas minyak, oli, beling, dan air sabun harus dipisahkan agar prosesnya berjalan cepat.

2. Sampah yang berukuran besar seperti batang tanaman, sayuran daun, atau kulit buah yang keras sebaiknya dirajang terlebih dahulu agar pembusukannya sempurna. Selain itu, volume sampah yang terapung juga semakin banyak.

3. Siapkan cairan bioaktivator boisca, yakni salah satu bioaktivator yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengomposan. Bioaktivator ini berfungsi untuk membantu mempercepat proses pembusukan.

Tata cara penggunaannya sebagai berikut, Pertama, siapkan sprayer ukuran 1 liter. Kedua, isi sprayer dengan air. Sebaiknya gunakan air sumur karena tidak mengandung kaporit. Namun, jika ingin memakai air PAM, air tersebut harus diendapkan terlebih dahulu selama satu malam. Tujuannya agar kaporitnya menguap. Pasalnya, kaporit di dalam air bisa mematikan mikroba yang ada di dalam boisca. Ketiga, tambahkan boisca ke dalam sprayer dengan perbandingan 1 liter air ditambah dengan 1-2 tutup botol boisca. Dan, Keempat, kocok-kocok sampai merata. Setelah itu, cairan siap digunakan.

4. Setelah sampahnya terkumpul dan dirajang, masukkan seluruhnya ke dalam komposter, lalu semprotkan boisca hingga merata ke seluruh sampah dan tutup rapat komposter.

5. Pada awal pemakaian, komposter baru bisa menghasilkan lindi (air sampah) atau kompos cair setelah dua minggu. Selanjutnya, pemanenan lindi dilakukan setiap 1-2 hari sekali.

Teknik pembuatan kompos cair ini diungkapkan Sukamto Hadisuwito dalam buku Membuat Pupuk Kompos Cair yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Buku ini berisi tentang tip mengolah sampah di rumah sendiri, jenis-jenis pupuk organik padat dan cair, manfaat pupuk organik cair, serta aplikasi pupuk cair pada tanaman.

Terimakasih, dan selamat mencoba……

Referensi Lainnya:  petanidesa.wordpress.com

143 comentarios:

  1. ada nggak buku tentang pupuk organik padat?

    ResponderEliminar
  2. mohon diberi informasi proses setelah menjadi lindi di dlm komposter apa selanjutnya yg harus dilakukan ? Apa harus diperas atau..............???????? trims atas bantuannya.

    ResponderEliminar
  3. saya ingin mendalami tata cara membuat pupuk kompos,apa ada bk penuntun utk pembutaan pupuk kompos dan bokashi.

    ResponderEliminar
  4. untuk kang yusuf, segera akan kami kirimkan informasi mengenai cara pembuatan pupuk kompos dan pupuk bokashinya dalam bentuk electronic books.

    ResponderEliminar
  5. cairan boisca apa ya pak...
    dimana sy bs mendapatkannya? apa bisa diganti dengan yang lain, yang sekiranya mudah didapat.

    ResponderEliminar
  6. boisca itu sejenis bioaktivator untuk pengomposan yang dapat disubsitusi dengan EM4. EM4 dapat anda beli di toko-toko pertanian. Atau anda dapat membuatnya sendiri, ini cara pembuatannya :
    Bahan-bahan :

    Susu sapi atau susu kambing murni.
    Isi usus (ayam/kambing), yang dibutuhkan adalah bakteri di dalam usus.
    Seperempat kilogram terasi (terbuat dari kepala/kulit udang, kepala ikan) + 1 kg Gula pasir (perasan tebu) + 1 kg bekatul + 1 buah nanas + 10 liter air bersih.
    Alat-alat yang diperlukan :

    Panci, kompor dan blender/parutan untuk menghaluskan nanas.

    Cara pembuatan :

    Trasi, gula pasir, bekatul, nanas (yang dihaluskan dengan blender) dimasak agar bakteri lain yang tidak diperlukan mati.
    Setelah mendidih, hasil adonannya didinginkan.
    Tambahkan susu, isi usus ayam atau kambing.
    Ditutup rapat. Setelah 12 jam timbul gelembung-gelembung.
    Bila sudah siap jadi akan menjadi kental/lengket.
    Perlu diperhatikan susu jangan yang sudah basi karena kemampuan bakteri sudah berkurang. Sedangkan kegunaan nanas adalah untuk menghilangkan bau hasil proses bakteri.


    Adapun prosedur pembiakan bakteri EM4 adalah sebagai berikut:

    Bahan dan Komposisi:

    1 liter bakteri
    3 kg bekatul (minimal)
    ¼ kg gula merah/gula pasir/tetes tebu (pilih salah satu)
    ¼ kg terasi
    5 liter air
    Alat dan Sarana:

    Ember
    Pengaduk
    Panci pemasak air
    Botol penyimpan
    Saringan (dari kain atau kawat kasa)
    Cara Pembiakan:

    Panaskan 5 liter air sampai mendidih.
    Masukkan terasi, bekatul dan tetes tebu/gula (jika memakai gula merah harus dihancurkan dulu), lalu aduk hingga rata.
    Setelah campuran rata, dinginkan sampai betul-betul dingin! (karena kalau tidak betul-betul dingin, adonan justru dapat membunuh bakteri yang akan dibiakkan).
    Masukkan bakteri dan aduk sampai rata. Kemudian ditutup rapat selama 2 hari.
    Pada hari ketiga dan selanjutnya tutup jangan terlalu rapat dan diaduk setiap hari kurang lebih 10 menit.
    Setelah 3-4 hari bakteri sudah dapat diambil dengan disaring, kemudian disimpan dalam botol yang terbuka atau ditutup jangan terlalu rapat (agar bakteri tetap mendapatkan oksigend ari udara).
    Selanjutnya, botol-botol bakteri tersebut siap digunakan untuk membuat kompos, pupuk cair maupun pupuk hijau dengan komposisi campuran seperti yang akan diuraikan dibawah ini.
    Catatan: Ampas hasil saringan dapat untuk membiakkan lagi dengan menyiapkan air kurang lebih 1 liter dan menambahkan air matang dingin dan gula saja.

    sumber : nguntoronadi.wonogiri.org

    ResponderEliminar
  7. makasih inponyah....yg sangat bermanfaat ini....

    ResponderEliminar
  8. pak saya sedang uji coba pembuatan kompos cair tetapi yang belum kami ketahui adalah bagaimana cara menilai bagaimana bahwa kompos itu sudah terpenuhi syarat secara kasat mata atau bau mohon keterangannya

    ResponderEliminar
  9. tolong dong, bentuk, model ukuran dan gambar dari tong sampah itu dapat dikirimkan ke email kami kah?
    Trims bantuannya.

    ResponderEliminar
  10. sebenarnya saya pingin tahu yang dibuat dari ITB

    ResponderEliminar
  11. apa sih kelebihan dari kompos cair d banding kompos biasa????

    ResponderEliminar
  12. Komposter adalah media penyimpan bahan kompos yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang dicampur dengan aktivator dan penggembur menjadi adonan kompos. Bahan adonan dapat berasal dari sampah organik dari dapur, pemukiman, pasar, hotel, restoran, mall, dan lain - lain

    ResponderEliminar
  13. Saya ingin mengajak karang taruna di dareah saya utk mengatasi sampah dengan cara membuat kompos cair, dimana saya dapat memperoleh informasi dan pelatihan kompos cair tsb dan kami ada didaerah cilengsi bogor. Terimakasih atas bantuannya

    ResponderEliminar
  14. mas edyasa dapat mengubungi mba ritapunto di alamat email : ritapunto@whh.co.id.

    ResponderEliminar
  15. tks, mas ubay..
    to, mas edyasa silakan maen ke workshop kami, di jatisari - jatiasih-bekasi, kalo dari cilengsi lewat kranggan alternatif cibubur saja. nanti kami ajarkan pengolahan sampah menjadi kompos/pupuk, padat dan cair. jika tidak mampu, cukup bawa keterangan dari keluarahan setempat (surat pengantar organisasi yg dilegalisasi kelurahan)

    sms saya di 021-68709301

    salam lestari
    ritapunto

    ResponderEliminar
  16. FYI: alamat imelnya salah tulis

    kontak saya : ritapunto@whh.or.id atau info@whh.or.id atau website whh.or.id

    tks

    ResponderEliminar
  17. minta foto/gambar/skema pembuatan kompos cair, makasai yaa

    ResponderEliminar
  18. slamat pagi mas/mbak.....

    tolong di bagi ilmunya tentang pembuatan pupuk kompos dari sampah organik cair bserta diagram alir prosesnya, terimakasih.

    ResponderEliminar
  19. trima kasih pak/ibu,
    akhirnya ketemu juga cara bikin pupuk cair. mau tanya :
    1. kira2 berapa harga bioaktivator boisca/EM4?
    2. apakah limbah rt harus menunggu penuh/ditmpung dahulu atau bagaimana ?
    3. kalau ada panduan pengkap mohon di-email.
    terima kasih

    ResponderEliminar
  20. mohon informasi pembuatan pupuk cair yang ada kandungan bakteri yg berguna untuk kesuburan tanah.
    jujur, saya sangat awam di bidang ini tapi saya ingin mencoba sesuatu yg baru karena saya hobiis tanaman.
    terima kasih banyak atas bantuannya.

    ResponderEliminar
  21. mohon info selengkapnya tentang pembuatan pupuk cair termasuk harga bioaktivator biosca.

    terima kasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, mas....

    ResponderEliminar
  22. Untuk mas Dias, Bioaktivator boisca dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

    ResponderEliminar
  23. tolong jelaskan berapa hari dalam pembuatan pupuk cair tersebut dan dilain segi saya ingin membutuhkan referensi dari manfaat ekstrak daun lamtoro sebagai pupuk cair

    ResponderEliminar
  24. Terima kasih informasinya tentang pembuatan pupuk cair.
    Mari kita hijaukan bumi ini kembali dengan usaha sederhana ini.

    ResponderEliminar
  25. Bung Ubai Yth,
    Salut buat bung yg selalu memperhatikan lingkungan hidup, ini berarti selalu memperhatikan sesamanya, mudah2an Yang kuasa akan membalas amal baik BUng.
    artikel bung membuat saya tertarik, kayak nya ada peluang usaha nya kalu dikelola dengan serius, bisa cipta in lapangan kerja baru,, ha,,he...
    sebetulnya saya dah baca bukunya tapi gak jel as untuk pembuatan konstruksi paralon didalam tong nya. mohon di kemurahan hati nya untuk gambar sket konstruksi dalamnya dmk, maaf saya gak bisa bala apa-apa, mudah2an YMK yg membalas nya..

    ResponderEliminar
  26. saya sedang mencari informasi tentang pembuatan kompos (padat dan cair) yang sederhana dari limbah rumah tangga. maksudnya yang gak perlu banyak biaya. bisa tolong info lengkapnya?
    rencana kedepannya saya akan mensosialisasikan ke warga sekitar tempat tinggal saya. lalu akan saya kelola secara bersama2 sehingga dapat memberikan manfaat ganda. baik untuk lingkungan juga penghasilan tambahan bagi warga lingkungan tempa tinggal saya.

    terima kasih infonya.

    ResponderEliminar
  27. sory lupa, untuk teman2 ini email saya

    bhie.kumajas@gmail.com
    executiveclub_bhie@yahoo.co.id

    trims infonya

    ResponderEliminar
  28. saya sedang mencari gambar-gambar proses pembuatan pupuk cair..
    saya mau contoh-contoh gambarNya..
    makasih.

    lugy

    ResponderEliminar
  29. sory.....
    ini email aku:
    lugyds@gmail.com/lugyds@yahoo.com

    thx'..

    ResponderEliminar
  30. aku pengin tahu tentang kandungan pupuk cair
    bagi siapa aja yang tahu
    tolong kirim ke e-mailku di
    cakfand@yahoo.com

    ResponderEliminar
  31. Saya sangat tertarik tentang pembuatan kompos cair maupun padat dan berencana untuk mencobanya, dari buku yang pernah saya baca dikatakan agar tidak mencampur daging dan tulang kedalam sampah yang akan dibuat kompos, karena akan menghambat pembusukan. Mohon penjelasan?
    Bisa kah saya mendapat e-book mengenai pembuatan kompos RT ataupun untuk usaha? TKS.

    ResponderEliminar
  32. Saya juga penghobi tanaman mau tanya pada para pakar apakah air limbah dari tampungan air buangan di rumah baik untuk siram tanaman ? terimakasih

    ResponderEliminar
  33. Untuk Cak Fand, ada artikel menarik di kascing.com/news/2002/4/bayu-suryono-pupuk-ramah-lingkungan yang memuat informasi tentang kandungan pupuk cair dan juga hal - hal lain yang tentunya akan bermanfaat bagi Cak Fand dan yang lain..

    Semoga bermanfaat

    ResponderEliminar
  34. Salam Hijau....
    Saya tertarik untuk bikin kompos skala rumah tangga yang mungkin akan saya tularkan kepada tetangga. Kalau boleh aku dikirimi makalah cara bikin kompos dong.....
    Thank's

    ResponderEliminar
  35. Untuk Bapak Prasetyo :

    Informasi mengenai cara membuat kompos telah saya kirimkan ke alamat email Bapak.

    ResponderEliminar
  36. Kami berencana mengembangkan cara mengomposan ini bagi lingkungan kami di kota Malang. Mohon kiranya dapat dijelaskan persyaratan pembuatan pupuk cair itu dan berapa kira-kira ongkos produksinya?
    Matur suwun

    ResponderEliminar
  37. mas ada tidak bahan dan alat sekaligus cara pembuatan komposter untuk disekolah

    ResponderEliminar
  38. Ada Pak Agus, segera akan saya kirimkan ke email Bapak.

    ResponderEliminar
  39. Saya sedang membutuhkan buku panduan membuat kompos/bokasi sehubungan dengan kondisi lahan pertanian di daerah kami sudah mulai kurus karena penanamaan tanakan sejenis menahun.

    Mohon dibantu juga mengenai bahan pembuat dan tempat memperolehnya.

    Demikian kami samapaikan.

    mail saya:
    rumbo_danni@yahoo.com

    ResponderEliminar
  40. bagaimana cara membuat komposter untuk skala rumahtangga?
    kalau sudah ada yang jadi dimana bisa membelinya dikota semarang?
    saya juga mau dong info yang dikirim untuk pak agus pramono krn sy juga seorang guru

    ResponderEliminar
  41. Selamat pagi Ibu Irawanti, kami telah mencoba untuk mengirimkan informasi tersebut melalui alamat email Ibu, namun ternyata alamat email yang Ibu berikan bermasalah. Dapatkah kami memperoleh alamat email Ibu yang benar?
    Terima kasih sebelumnya.

    ResponderEliminar
  42. agustinus sumaryanto29 de octubre de 2008, 4:17

    apakah hasil kompos tersebut ada yang menampung dengan nilai jual

    ResponderEliminar
  43. Selamat pagi Pak Agustinus,

    Biasanya kompos tersebut ditampung oleh para pedagang tanaman hias. Harganya bisa lebih dari Rp. 10.000,-/liter.

    ResponderEliminar
  44. Terimakasih atas infonya, tapi dimana saya bisa mendapatkan bioktivator boisca tersebut di kota malang dan kira2 berapa harganya?

    ResponderEliminar
  45. Salam lestari....
    Saya sangat tertarik mempelajari pembuatan kompos skala rumah tangga guna mengurangi penumpukan sampah yang ada dilingkungan kami yang mungkin juga dapat kami tularkan kepada lingkungan sekitar. Kalau boleh saya minta dikirimkan makalah cara pembuatan kompos dong…..
    Trimakasih sebelumnya

    ResponderEliminar
  46. Untuk Ibu Lely: Sejauh ini Bioaktivator boisca baru dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

    Untuk Pak Sigit, informasinya sudah kami kirimkan ke alamat email Bapak.

    ResponderEliminar
  47. Wah trimakasih atas informasinya, cairan boisca itu hanya bisa didapat dari Pak Sukamto ya? katanya EM4 hanya untuk pupuk padat? ...
    Saya sudah coba buat komposter cair dirumah *dapet informasi dari Internet juga*,...tapi kok hasilnya gak seperti yang diceritain ya? 1 minggu banyak belatung gede sama kecil-kecil, minggu ke-2 belatung berkurang tapi kok ada lalat gede-gede ya? ... trus airnya nggak ada? jadi bingung... kalo di Bandung ada gak yang jual boisca? ...

    Alternatif pengganti boisca ada nggak? ...bagi informasinya duoong ...thx lhow..:">

    ResponderEliminar
  48. Sahabat Matoa,

    Ada info dari milis yang saya ikuti mengenai Pelatihan Membuat Sampah Organik menggunakan Keranjang Takakura.

    Mau dengar lebih banyak dan ikut pelatihan tentang cara daur ulang sampah organik dengan memakai KERANJANG TAKAKURA dengan mantan menteri kehutanan, Bapak Djamaludin dan isterinya, Sri Murniati Djamaludin?

    Hari : Sabtu
    Tanggal : 22 November 2008
    Waktu : 9.00 - 11.00
    Tempat : Kebun Pembibitan & Pengomposan KARINDA,
    RT 013/RW 03, Bumi Karang Indah, Lebak Bulus
    Jakarta Selatan

    Pendaftaran melalui SMS ke Djatnika Soekarta, hp. 0816923810.
    Konfarmasi dalam 24 jam.

    Tempat terbatas, segera daftarkan diri anda.

    Salam

    Djatnika Soekarta
    T: 021 424 0810
    HP: 0816 923 810

    ResponderEliminar
  49. Thanks info sampahnya. Ini yang gw cari

    ResponderEliminar
  50. Semoga bermanfaat Pak Siregar. Mohon disebarluaskan yach...

    ResponderEliminar
  51. Dianika Putri - Malang, JAtim15 de noviembre de 2008, 3:40

    saya sangat tertarik mengenai masalah pengolahan sampah.
    Di kampus saya akan mulai digalakkan usaha pengolahan sampah menjadi kompos.
    Tapi saya masih sangat awam mengenai masalah 'perkomposan'.
    Kalau boleh, saya minta info mengenai jenis dan cara pengolahan sampah termasuk pembuatan kompos.
    kirim langsung ke dianika_putri@yahoo.co.id

    Salam Kenal!!

    ResponderEliminar
  52. Mba Dianika, kami siap mengirimkan informasi tersebut kepada mba.....dan mba juga dapat mengakses lebih banyak lagi media kampanye tentang sampah di

    idepfoundation.org/indonesia/idep_waste_media.html

    semoga bermanfaat.

    ResponderEliminar
  53. kami beserta para siswa/siswi skolah di sebuah lembaga pendidikan di kaltim baru memulai belajar memproduk pupuk organik, namun dengan segala keterbatasan pengetahuan kami ttg bagaimana cara memproduk yang baik, maka dengan segala kebaikan yang dimiliki oleh pihak yang telah menguasai materi tsbt, maka kami minta tuk dikirimi makalah pupuk organik bubuk dan pupuk organik cair. tu smua bertujuan tuk mengurangi sampah yang bersekahan setiap hari di sekolah kami. thanx

    ResponderEliminar
  54. Pak Achmad, makalah mengenai pupuk organik cair dan padat telah kami kirimkan ke alamat email Bapak.

    Ubaidillah Syohih
    Program Officer MATOA Albarits

    ResponderEliminar
  55. Pak Achmad, makalah mengenai pupuk organik cair dan padat telah kami kirimkan ke alamat email Bapak.

    Ubai

    ResponderEliminar
  56. salam hijau
    alhamdulillah semuanya peduli dengan lingkungan dan hijaukan dunia ini,
    sy ingin memberi info tentang penanggulangi sampah rumah tangga dan mendapat hasil pupuk cair yg bisa disebut juga dengan lindi,semuannya bisa di per oleh di bapak sukamto hadi suwito.
    telp.021. 420 4565
    hp. 0811954039
    email : sukamtohadisuwito@yahoo.co.id

    ResponderEliminar
  57. Terima kasih atas infonya Mas Arif.

    ResponderEliminar
  58. kompos ok deh, thank atas infonya

    ResponderEliminar
  59. kompos sangat bagus untuk membuat tanah menjadi subur , daripada pupuk kimia he he......

    ResponderEliminar
  60. please mhn bantuan proposal atau tatacara bikin ppk organik cair dll. kasian petaniku lg mumet ppk susah dan mahal

    ResponderEliminar
  61. eh iya emailku di borneonasa@yahoo.com trims, salam hijau

    ResponderEliminar
  62. Mas ubay thanks banget yah infonya, akan kucoba dan kusebarkan disekitarku juga petaniku sayang, mohon info selanjutnya dan maaf merepotkan nih

    ResponderEliminar
  63. dear p.ubai,
    Mohon bantuannya untuk mengirim carapembuatan komposter dan bagaimana hasilnya apabila kita menggunkan pupuk cair untuk penanaman padi.
    Gmn cara penggunaanya juga dosisnya?
    Tolong kirim ke email kami ya pak!
    Tks a lot.

    Regards
    Tutik
    Jogja

    ResponderEliminar
  64. Asswrwb,
    mohon diemailkan cara pembuatan kompos cair, dan cara pembuatan komposter. di di2tdutaparamindosetia@yahoo.co.id

    bagaimana aplikasi untuk tanaman cabe hidroponik.
    terima kasih bantuannya.
    wassalam

    ResponderEliminar
  65. mas,tlg info lengkap dan skema pembuatan kompos cair.tks

    ResponderEliminar
  66. Yth Matoa,

    Mohon info yang komplit, kalau bisa dengan gambar2 alat2 yang dipakai, ini sangat bermanfaat buat para petani yang sedang kesulitan mendapatkan pupuk anorganik, saya rasa pupuk organik baik kompos maupun pupuk cair bisa jadi solusi.

    yang sekarang dibutuhkan adalah sosialisasi cara pembuatan dan cara pemakaian, info dari matoa sangat berharga bagi kami, kami siap untuk mensosialisasi kepada para petani yang kebetulan belum bisa mendapatkan informasi ini,,


    Salam hijau daun,
    yusdi nurfauzi
    yusdi_nf@yahoo.com
    081210226975

    ResponderEliminar
  67. yth,matoa
    mhn bantuan dan info untuk penjelasan dan skema pembuatan kompos cair.mudahan bisa diaplikasikan untuk mengatasi penumpukan sampah di komplek perumahan kami.

    salam
    iyan,kalsel
    iyan1974@yahoo.co.id
    081349607744

    ResponderEliminar
  68. kami keluarga baru di pasuruan. . dan ingin menambah penghasilan keluarga sekaligus hidup sehat dengan cara memanfaatkan limbah rumah tangga... yang cukup membuat kami kebingungan dan merasa sayang bila harus dibuang.

    mohon kami dikirimi cara2 membuat pupuk cair ataupun kompos. beserta harga peralatan yang dibutuhkan dan kira2 berapakah modal yang harus saya siapkan untuk mendapat peralatan maupun aktifatornya.

    jangan lupa cara sosialisai ke petani dan cara mengemas pupuk.
    terimakasih.

    salam kenal
    aris & yuli
    0856 308 4258
    kunang_7@yahoo.com

    ResponderEliminar
  69. bagaimana cara membuat pupuk kompos cair naupun yang tidak cair, mohon dikirim ke email saya

    ResponderEliminar
  70. mhet msh lom au bnak tntang prtanian N mhet gi mendalami skaligus blajar, cos buat pa maen trus klo jung2'y susah !

    mendingan kta batasi maen n kta dalami dech tntang perihal tsb. tar ksh au mhet'y !!

    GOOD jOB

    ResponderEliminar
  71. bagaimana cara menjual pupuk cair,apa kemasan yg baik pakai merek atau bagaimana? dan bagaimana cara mengetahui komposisi pupuk cair maupun padat dan dimana ? untuk didaerah probolinggo

    ResponderEliminar
  72. saya sudah baca tenatng pembuatan pupuk organi cair, saya tertarik untuk membuatnya, tapi gimana cara membuat bioaktovator. oh ya mohon info juga tekni pembuatan pupuk organik padat. terima kasih

    ResponderEliminar
  73. mas ubai, sy sdh coba pembuatan kompos cair di rmh dan hasil lindi nya berwarna coklat, apa hrs warna coklat atau tergantung dr jenis sampahnya? air lindi yg berwarna apa dikatakan pembuatan kompos itu berhasil? jk perbandingan 1 lt air di campur 1-2 tutup btl boisca, apa bs ditambah air & boisca dgn perbandingan tsb? jk sdg berlangsung proses pembuatan kompos, apa bs sy tambahkan/masukkan ke dlm komposter tiap hari sampah2 yg baru? klo bs bagaimana caranya & apa yg hrs pertama kali dilakukan thd sampah2 baru tsb?...trm ksh.

    ResponderEliminar
  74. Mas, apakah anda punya teman namanya Koesworo dari teknik sipil ugm angk 81 ?
    Dia minta tolong saya untuk mencarikan alamat anda. kalau memang benar silahkan kontak saya di email adityascraft@yahoo.com atao hp 08562865099

    Wintono Adi Sasongko

    ResponderEliminar
  75. Yth Matoa,
    Mohon Bantuan, bisakah saya mendapatkan video tatacara pembuatan pupuk kompos cair dari sampah rumah tangga? saya ingin mengajarkannya pada murid murid saya dan menularkannya pada tetangga. Atau, adakah tempat yang bisa saya datangi untuk pelatihan pembuatan kompos cair, supaya bisa bertanya lebih jauh. Misalnya, jika dosis pemberian pupuk cair terlalu banyak, apakah tidak menimbulkan pH yang asam? kemudian, pupukcair apakah tidak menyebabkan berkembang biaknya dan menyebarkan bakteri patogen?
    Bagaimana dalam pembuangan sampah yang mengandung minyak atau santan?

    Satu hal lagi, bagi teman teman di forum ini, bisakah menunjukkan tempat untuk pelatihan pembuatan tas/produk produk dari plastik kemasan? atau tempat yang bersedia menampung limbah plastik kemasan tersebut.

    Terima kasih, mohon direspon, semoga Allah merahmati anda.

    ResponderEliminar
  76. Sangat ramah lingkungan.. perlu didukung dan dibantu 100%. Semoga kesadaran seperti ini bisa menyeluruh ke masyarakat Indonesia.

    ResponderEliminar
  77. makaZh tAz infrmSi'Y....brgna bgtZZZZzzzZzz
    thankz ubUaYYyy

    ResponderEliminar
  78. Saya tertarik dengan pembuatan em4 tolong dong kang kirimkan cara pembuatannya. kalau ada berikut gambarnya. Timakasih banyak atas bantuannya.
    E-mail saya: Onraps@yahoo.cam

    ResponderEliminar
  79. Minta tolong dong apabila ada yg mnt info dikirim ke email jg ditampilkan keforum spya yg lain jg tau.tx

    ResponderEliminar
  80. kalo punya cara buat bikin EM4 atau apa aja yang berhubungan dengan kompos,tolong kasih tahu caranya dong?! kalo bisa kasih gambarnya juga. Terima kasih. Email saya ufuknjeprix@yahoo.com

    ResponderEliminar
  81. mas ubai
    apakah kompos itu cocok di gunakan di lahan coklat, dan apa bedanya dengan pupuk biasa. karena di daerah kami masyarakat yang berkebun selama ini menggunakan pupuk urea, namun karena kelangkaan dan melambungnya pupuk kita berniat menggunakan pupuk kompos. terima kasih sebelumnya

    ResponderEliminar
  82. satu hal
    cara buat alat komposter bisa di open gak ya ???
    tentunya yg sederhana untuk rumahan..ada tong plastik ada kran air ada pralon ada filter dll mohon di berikan skema detail

    ResponderEliminar
  83. pak saya mau buat bokasi dari bahan dari sampah gulma di perkebuan saya.apa saja campurannya dan bgmn teknis pembuatannya.mohon info

    ResponderEliminar
  84. saya sangat tertarik tulisan bapak tentang pembuatan kompos padat dan kompos cair.mohon sekiranya berkenan, saya dikirimi via email. insya allah pengetahuan tersebut akan saya sebarluaskan demi menjaga bumi ini tetap layak untuk dihuni manusia.trimakasih

    ResponderEliminar
  85. Saya tertarik dengan pembuatan kompos organik,mengingat dilingkungan saya sendiri banyak sekali sampah yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat kebanyakan. Untuk itu saya mohon untuk diberikan penjelasan secara mendetail berkaitan dengan pembuatan kompos organik berikut cara penggunaan,bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatan bahan/alat2ya. Dan kalau bisa kemungkinan2 pemasaran pupuk organik tersebut. Salam Sukses dari saya.

    ResponderEliminar
  86. Pak Karim, secara detil pembuatan kompos organik bisa didapatkan di buku dengan Judul : Bijak & Cerdas Mengolah Sampah, Penulis : Teti Suryati, Penerbit : AgroMedia Pustaka, bisa dibeli online di bukukita.com.

    Juga bisa anda lihat di blog: isroi.wordpress.com/2008/02/26/pupuk-organik-pupuk-hayati-dan-pupuk-kimia/

    ResponderEliminar
  87. salam tani..
    pak saya tertarik pertanian organik mnta bantuannya untuk bsa berbagi ilmu tentang pmbuatan praktis EM4,dan pupuk organik baik yang cair maupun padat.serta gambar denahnya. terimakasih
    email saya: rif_antersz@yahoo.com

    ResponderEliminar
  88. saya sangat tertarik tulisan bapak tentang pembuatan kompos padat dan kompos cair serta gambar denahnya .mohon saya dikirimi via email. .trimakasih

    ResponderEliminar
  89. pak,kalo ad hal2 yang terjadi dalam pengolahan EM4 bikinan sendiri ky ad belatungnya atau ad hewan2 pembusuk gitu bener gak sih cara pembuatannya??kalo ada salah tolong dibantu dan bagaimana yang benar,makasih!

    ResponderEliminar
  90. pak...saya mo mnt tlN9 bgmn cr membuat listrik alternatif....

    ResponderEliminar
  91. Pohon2 yg berkayu di sktr rmh sy tdk dpt tumbuh subur, diduga krn tanah tsb mengandung rayap. Ada g pengaruh positip pemberian pupuk cair thd kesuburan tanah walaupun tanah tsb mengandung rayap?

    ResponderEliminar
  92. Pak mohon saya di kirimi panduan tata cara pembuatan ppk organik, saya ingin sekali mencobanya mengingat sekarang hrg pupuk yang sangat mahal apa lagi saya tinggal didarerah kepulauan, saya mohon bantuan nya ya pak. Semoga bahan2/alat2 nya utk pembuatan ppk organk dapat saya dapat di daerah saya. thanks
    email add : intha_yan@yahoo.com

    ResponderEliminar
  93. Pak, saya sgt tertarik dg teknik pemb. kompos, kalau kompos dari tandan kosong kelapa sawit, bisa dibagi ke e-mail saya, kan ? saya tunggu, tks

    ResponderEliminar
  94. bagaimana cara pembutan pupuk kompos dan pupuk.dan bahan bahan apa saja yang dipakai untuk proses pembuatanya.karena saya sangat tertarik sekali terhadap proses pembuatan pupuk cair dan kompos ini.
    terimakasih dan saya mengharapkan bantuanya.

    ResponderEliminar
  95. saya berdomisili di sby, dan saya tertarik dg pembuatan ppk compos cair, yg saya tanyakan apakah dlm proses pembuatannya menghasilkan bau tdk sedap?, terima kasih atas informasinya

    ResponderEliminar
  96. mas, saya mau tanya pada siapa saja.
    untuk mengetahui pupuk kandungan pupuk yang dihasilkan baik atau tidak bagaimana?
    dan sampah organik apa yang terbaik untuk membuat pupuk?

    tolong ya mas, kirim via emailku:
    afit1986@gmail.com
    makasih dab saya menghapkan sekali bantuanya

    ResponderEliminar
  97. pak,sebaiknya d website bapak di beri link yang khusus utk download hal2 ttg pembuatan kompos, jadi gk perlu minta satu-satu, dan ilmu itu bisa di share ke semua..terima kasih

    ResponderEliminar
  98. saya sangat tertarik dan ingin mencobanya

    ResponderEliminar
  99. mas Ubai yth
    saya juga sangat tertarik dengan artikel nya, krn saya juga pengin buat pupuk kompos sendiri untuk kebun mini saya tapi saya masih bingung dengan alatnya, pernah saya bikin di karung ternyata belatungnya banyak sekali jadi takut deh, berarti gak jadi ya pupuk sya thk

    ResponderEliminar
  100. Yth Matoa,
    saya dah baca, banyak pertanyaan dari rekan-rekan seputar kompos, kok ga ada jawaban dari Matoa sech.....

    kan klo ada pertanyaan, trus ada jawaban, mungkin kita bisa belajar, tanpa nanya lagi ke Matoa.

    Terima kasih,
    Salam Persahabatan
    Willy Widhradjo

    ResponderEliminar
  101. Pak Willy,
    Informasi mengenai kompos sudah kami berikan di laman ini. Juga terkait dengan halaman yang menyajikan informasi ttg kompos. Jadi Bapak bisa buka halaman tersebut, seperti ini petanidesa.wordpress.com/.
    semoga membantu Pak. Salam

    ResponderEliminar
  102. Assalamu 'alaikum wr wb

    Terima kasih atas artikel pembuatan komposnya.Insya Alloh bermanfaat bagi pembaca umumnya dan saya pribadi khususnya. Untuk pembuatan kompos secara detail apakah ada buku atau ebooknya?Saya akan memasyarakatkan pembuatan kompos di Gunungkidul untuk menghindari terhambatnya pupuk kimia yang kadang-kadang distribusinya terhambat.
    Terima kasih atas penjelasannya

    ResponderEliminar
  103. untuk buat EM 4 atau cairan penumbuh bakteri ada yg lebih sederhana tidak ? yg bisa diperoleh di lingkungan rumah

    ResponderEliminar
  104. saya tertarik dg cara pembuatan kompos cair cuma yg blum jlas selama 2 minggu itu apakah bisa diisi dg sampah baru?atau menunggu 2 mnggu baru bisa diisi lagi?trus apakah em4 yg sudah tercampur air itu harus dihabiskan skaligus atau bisa utk lain waktu?mohon tanggapannya.trims

    ResponderEliminar
  105. to mas ubay atau mbak rita
    setelah ditutup rapat selama 2 minggu apakah tidak boleh dibuka lagi?gimana kalo ingin masukkan sampah baru apa harus nunggu 2 minggu?trus cairan em4 yg sudah tercampur air apa harus dihabiskan skaligus atow bisa digunakan lagi kalo masih sisa?tolong sgra kirimi aku jawaban ya?biar cpt bisa praktekkan

    ResponderEliminar
  106. pupuk kompos cair setelah dipanen apa langsung disiramkan ke tanaman?apa masih harus dicampur dg air?kalao dicampur perbandingannya berapa?

    ResponderEliminar
  107. mantap ni artikel..
    pupuk cair paling langka di pasaran, dan juga produknya belum banyak diketahui org lain, ini lahan bisnis yg perlu di kembangkan..

    ResponderEliminar
  108. sangat penting dan sangat tertarik maka saya ingin meminta bantuan bapak ibu sekalian utk membantu kami dalam pembuatan kompos ini.
    terima kasih atas bantuanya.

    ResponderEliminar
  109. blog yang sangat bermanfaat. anda banyak amal kebaikan. maju terus. saya juga ingin mengolah sampah kampus yang dibuang percuma. tapi saya butuh alat pencacah sampah (daun, enceng gondok, dll.). tolong ya infonya, dimana dan berapa harganya agar kami bisa beli. tks.

    ResponderEliminar
  110. saya tertarik sekali dengan pembuatan pupuk kompos cair ini,
    saya anak kimia UGM mau mengadakan kkn dengan tema pembuatan pupuk kompos cair, untuk itu saya mohon penjelesan yng lebih detail lagi mengenai pupuk kompos cair ini, agar dapat diimplementsikan pada pengabdian masyarakat yang akan kami lakukan bulan depan.
    1. apa indikator pembuatan pupuk cair dikatakan behasil?
    2.membutuhkn budget berapa untuk membeli bioaktivator trsebut ? terimksih untuk jawabany..

    ResponderEliminar
  111. selamat pagi pak...
    saya ingin konfirmasi,apakah bisa kita membuat EM4 dari bahan tapai.
    untuk diketahui skarang saya sedang melakukan penelitian tentang bahan alternatif pengganti EM4.sebagai pertimbangan saya, dikarenakan EM4 memiliki nilai ekonomis yg lebih tinggi.jadi saya berkeinginan untuk membuat starter dari bahan lain seperti dari bahan baku tapai/ragi.selain bersih (tidak menjijikkan ) dan wangi proses pembuatan nya jg simple disamping bahan baku mudah di dapat dan harga nya juga relatif lebih murah.
    untuk info nya saya ucapkan terimakasih.
    ruli kurniawan

    ResponderEliminar
  112. pak, gmana cara pemesan biaktivator biosca ??

    ResponderEliminar
  113. gmana cara pemesanan bioaktivator biosca ?? kira2 brapa harganya ?

    ResponderEliminar
  114. Mba Risma, Bioaktivator boisca dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

    ResponderEliminar
  115. Bagaimana cara pemanfaatan pupuk cair (lindi) yang dihasilkan tersebut untuk memupuk tanaman harus diencerkan atau tidak? kalau diencerkan perbandingannya berapa banding berapa.

    Terima kasih

    ResponderEliminar
  116. saya akan mencoba membuat konpos cair tetapi tidak tahu membuat cairan bioaktivator boisca terimakasi atas perhatian dan kerjasamanya.

    ResponderEliminar
  117. Pak Sukron, untuk bioaktivator boiscanya silahkan hubungi
    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

    Semoga membantu

    ResponderEliminar
  118. saya pengen punya buku panduan-panduan pembuatan pupuk organik dan teknologi-teknologi pertanian yang modern,saya pengen membantu para petani biar produksinya meningkat. tapi dmn ya... cara mendapatkanya? trimakasih.

    ResponderEliminar
  119. Untuk mas\mba gion kalau mau lebih jelas tentang tata cara pembuatan pupuk organik main ke Cianjur sekalian praktek biar jelas gitu loh. terimakasih.

    ResponderEliminar
  120. saya pengusaha sarang burung welet,yg mana punya banyak limbah kotoran walet , ingin diolah jd pupuk /kompos ,adakah yg mau memberi tau caranya ,.trim ksh

    ResponderEliminar
  121. Bravooooooo
    inovasi baru / penemuan yang luar biasa
    sepele tetapi bermanfaat lebih
    tepat guna dan semua bisa untuk mencoba
    karna bahan - banhanya ada di sekir kita.......
    Selmat....sukses....

    ResponderEliminar
  122. Yth matoa
    perkenalkan nama saya okwin, ada yg mau saya tanyakan: EM4 itu bisa tidak utk perikanan ??? contohnya di media belut sebagai proses utk mepercepat pembusukan

    di Bp.Sukamto EM4 perikanan ada jual tidak ???

    trimakasih

    ResponderEliminar
  123. pak tolong saya dikirimi panduan pembuatan komposnya sekalian gambar komposter yang baik bagaimana, soalnya saya pernah coba tapi gagal. terimakasih

    ResponderEliminar
  124. apakah pupuk cair/lindi bisa langsung disiramkan pada tanaman atau harus dicampur dengan air terlebih dahulu? thanks.

    ResponderEliminar
  125. Jazakollahuchoiron kashirah,
    selama ini Saya slalu memisahkan sampah organik & Non organik, permasalahannya adalah saya sampah organik hanya simpan saja dikebun kadang dibak sampah, kadang daun kering saya tutupkan ke sampah dapur, diamkan sampai jadi tanah ( memang prosesnya lebih lama), setelah membaca artikel anda tentang pembuatan kompos insyaAllah saya akan mencoba tecknik2 nya, Tks

    ResponderEliminar
  126. disebelah rumahku, ada pohon pisang (sdh berbuah besar2),j ambu air, jambu batu, markisa (sudah berbuah klo musim hujan), mangga dan stroberi (berbuah sdikit), saya suka menyiramkan air beras, ato bekas cucian daging or cucian ikan, klo punya info ttg pemeliharaan tanaman2, kirim ya.......

    ResponderEliminar
  127. tolong jelaskan cara pembutan kompos organik dan organik, serta bahan-bahan yang di paerlukannya

    ResponderEliminar
  128. saya sangat tertarik untuk membuat kompos cair dari sampah sisa makanan, tetapi saya tdk tahu perbandingan jumlah (persentase) komposisi bahannya. mohon saya dikirimi informasi mengenai hal tersebut. terima kasih

    ResponderEliminar
  129. mas saya sedang buat pupuk dari hasil pengolahan limbah safety tank (apartemen) sy sdh sediakan Em4, apaperlu diberi furadan dan apa fungsi dari gula merah ya

    ResponderEliminar
  130. saya minta dikirimi komposisi obat untuk pembuatan pupuk kompos thank's...semoga menjadi manfaat..

    ResponderEliminar
  131. saya sedang mencoba membuat kompos cair dan telah menghasilkan kompos cair (air lindi) namun baunya sangat menyegarkan sekali, bagaimana caranya agar air lindi tersebut tidak bau, terima kasih

    ResponderEliminar
  132. Dear Sahabat lingkungan,

    Mohon infonya tentang beberapa hal kompos:
    1. Berapa minggu idialnya kompos dari sampah dapur bisa dipanen?
    2. Hasil akhirnya, berapa ukuran idial materi kompos ter ayak?
    3. Bagaimana ciri2 kompos yang baik? dan
    4. Di pasaran sering ada info begini..ini kompos untuk daun...ini khusus untu bunga...ini khusus untuk buah...bagaimana ini? apa kompos yang dijua sudah dicampur dengan pupuk kimia atau dari bahan dasarnya berbeda-beda?

    Thank
    Bravo Kompos
    Selamatkan lingkungan dari malapetaka
    Terima ksaih atas perhatian teman-teman.

    ResponderEliminar
  133. salam,
    apakah kompos cair dpt digunakan pada akuaponik, bagaimana dg ikannya
    terimakasih.

    ResponderEliminar
  134. trm ksh bnyk ats info2ny, di lingkungan sy, sampah msh jd mslh, jd mgkn ini solusi terbaik u saat ini. sy akn coba. yg blm tergambar adlh wdh pemrosesan pupuknya, tong biasa or di disain khusus? bs kirimkan gambarnya di k e-mail saya? trm ksh sblmnya.

    ResponderEliminar
  135. truz manpaat air kelapanya buat tanah itu apa ya..........?n sekalian manpaat air bekas cucian beras........?thanks......plis kirimke e-mailku..........

    ResponderEliminar
  136. sy memiliki kebun kakao, apakah pupuk cair cocok untuk tanaman tersebut ?
    bolehkah sy meminta cara2 pembuatan pupuk cair dan cara menguji pupuk cair yg palsu dan asli.
    thanks b4.

    ResponderEliminar
  137. ayo kita tingkatkan yang alamiah

    ResponderEliminar
  138. terima kasih utk smua masukan diatas , kalo bisa tlg tehknik yg lain dong, agar saya di desa bisa m,membantu petani2 lain......... make our world better..

    ResponderEliminar
  139. ass pak..
    Saya efendy manan dr pasuruan Jatim,Bagaimana cara pembuatan POC dari limbah Ikan?di dekat sy ada pabrik pengolahan ikan tuna yg bs sy manfaatkaan limbahnya,
    wass,
    Trims
    efendy

    ResponderEliminar
  140. Selamat siang,

    Saya sedang menekuni pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak sapi, Yang ingin saya tanyakan apa bisa bioaktivator boisca digunakan pada kotoran hewan agar menjadi pupuk organik cair. Mohon informasinya dan kirimkan ke email saya a.trisno@yahoo.co.id . Di tunggu ya.

    ResponderEliminar
  141. gmn ya cara membuat pupuk organik cair dari bahan dasar ikan?
    apa sj yg di butuhkan utk pembuatan skala kecil... mau belajar buat sendiri, utk dapat digunakan ke tabulampot2 di taman sy...

    ResponderEliminar