martes, 6 de mayo de 2008

Matoa sebagai Tanaman

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman khas Papua dan menjadi flora identitas Provinsi Papua Barat. Matoa termasuk ke dalam famili Sapindaceae. Pohon matoa dapat tumbuh tinggi dan memiliki kayu yang cukup keras. Tinggi pohon 50 m, akar papan tingginya mencapai 5 m, daun majemuk berseling, bersirip genap, tangkai daun panjang ± 1 m, anak daun 4 - 13 pasang bentuknya bundar memanjang dengan tepi yang bergerigi. Mahkota bunga agak berbulu pada bagian luar, kelopak bunga agak menyatu.

Buahnya berbentuk bulat melonjong dengan panjang 1,5 – 5 cm dan berdiameter 1 – 3 cm, kulit licin berwarna coklat kehitaman bila masak, kulit ari putih bening melekat pada biji, manis dan harum. Rasa buahnya adalah campuran antara rambutan, durian, dan kelengkeng.

Tanaman ini mudah diperbanyak/ dikembang biakkan melalui biji, dan cara lain seperti cangkok serta okulasi. Matoa tumbuh di daerah yang sejuk atau dengan kata lain lebih mudah tumbuh di pada ketinggian 900 – 1700 m dpl, topografi datar atau miring, meskipun dapat pula tumbuh di dataran rendah, dengan waktu berbunga bulan Juli - Agustus dan berbuah pada bulan November - Februari.

14 comentarios:

  1. ada yang jual bibitnya nggak??? berapa duit...

    ResponderEliminar
  2. untuk daerah di Kalimantan bisa tumbuh nggak Matoa ini???

    ResponderEliminar
  3. ada yang punya e-book tentang cara penanaman dan budidaya matoa yang lengkap dan komplit gak.kalau ada yang tau kasih tau saya ya...!!! :D

    visit: beabe4.googlepages.com

    ResponderEliminar
  4. terima kasih web nya..

    web ini saya gunakan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas..
    kapan matoa ada di jakarta?

    ResponderEliminar
  5. kami sering sekali bertugas di jakarta mas demang, salam budi

    ResponderEliminar
  6. thanks ya...
    atas infonya, sangat mmbntu s'x dlm pmbuatan proposal Que.

    ResponderEliminar
  7. di sragen jawa tengah da yang jual bibit matoa g? klo da dimana? makasih

    ResponderEliminar
  8. Saya salah seorang penanam MATOA and penikmat MATOA. Matoa emang cihui deh....pertama tama siy emang aga aneh rasanya........tp emang ga kalah ama buah Lyche. Boleh juga tuh kalo ada yg mo coba beli....u can call me or email me in nikomarcellino@yahoo.com

    ResponderEliminar
  9. ajib kyknya niy buah, keyen abiiizz...bisa g ya gw tanam di pot, coz halaman rumah gw sempit, hehehe...pliss mas-mas yang tau banyak ttg niy tanaman, kasih infonya ya...

    ResponderEliminar
  10. saya punya pohon matoa dan sekarang sedang berbuah, seingat sy dl biji matoa itu hanya sy taruh di pot. dan tumbuh sampai sekarang dan sdh lebih dari 7 kali berbuah.

    ResponderEliminar
  11. matoa di daerah pati amat banyak kalo ada yg pengen bibit bisa....

    ResponderEliminar
  12. saya punya pohon matua kalau berbuah pas hujan kok buahnya pecah jadinya ngak bisa dimkan gimana ya! cara biar tidak pecah.

    ResponderEliminar
  13. kalau itu kayaknya memang faktor alam mas

    ResponderEliminar
  14. Ada yg jual bi2t matoa di wilayah sidoarjo/surabaya? Bisa Kontak lgsg ke 081331874863.
    Tq

    ResponderEliminar