miércoles, 18 de marzo de 2009

"24" Film Ramah Lingkungan Pertama

Aksi Kiefer Sutherland alias Jack Bauer selalu memukau saat menyelesaikan masalah hanya dalam 24 jam saja. Sepelik apa pun kasusnya, Jack berhasil membuat penonton film “24” puas. Dibalik keberhasilan Jack Bauer dalam film “24” ternyata, proses pembuatan filmnya pun berhasil menyandang film ramah lingkungan pertama.

Hollywood makin sadar lingkungan. Film televisi "24" produksi Hollywood ini, diproduksi tanpa meninggalkan jejak karbon alias tidak merusak ozon di permukaan bumi.

Film yang dibuat oleh Fox TV dan dimiliki Rupert Murdoch, merupakan film pertama yang dibuat dengan pendekatan lingkungan. Selama proses produksi, mereka tidak akan menghasilkan sedikitpun karbon.

Langkah ini, seperti ditulis harian New York Times edisi Senin (2/3), sesuai dengan perintah Murdoch. Bos media ini sudah menyatakan bahwa film produksi mereka tidak akan menambah jumlah karbon di bumi pada 2010.

Program ini tidak gampang. Fox, yang memproduksi "24", menyewa konsultan lingkungan yang mengevaluasi berapa banyak gas yang berbahaya bagi bumi dikeluarkan selama produksi.

Mereka mengelompokkan emisi dalam dua kelompok: energi untuk transpor dan efek khusus serta listrik yang digunakan untuk dekor dan kantor.

Transpor ini termasuk untuk mengirim skenario dan mobil-mobil para pemain film. Total 95 persen energi digunakan untuk transportasi ini. Mereka menganti mobil dengan tipe hibrida yang sangat hebat. Urusan skenario? Mereka mengandalkan email. Dengan cara ini, sekitar 5.000 liter bensin--satu truk tangki truk kecil--dihemat.

Untuk efek khusus, mereka tidak bisa tanpa mengeluarkan karbondioksida. Bayangkan saja adegan kejar-kejaran mobil, tak mungkin tidak membuang gas berbahaya ke bumi.

"Jika kami membutuhkan kejar-kejaran mobil, kami akan melakukan kejar-kejaran," kata Howard Gordon, produser eksekutif "24". "Kewajiban kami yang pertama dan terdepan adalah kepada para penggemar."

Agar target tanpa jejak karbon tercapai, mereka menukar dengan energi ramah lingkungan di India. Mereka berhasil menukar 1.291 ton karbondioksida yang mereka hasilkan dengan pembangkit listrik tenaga angin di India.

Fox bukan perusahaan Hollywood pertama yang "go green". Pada November lalu, NBC Universal memproduksi tiga program yang diproduksi dengan metoda ramah lingkungan termasuk "Nightly News With Brian Williams" dan "Saturday Night Live".

Program ini diproduksi dengan bahan bakar ramah lingkungan, menggunakan barang daur ulang. Warner Brothers dan Disney juga memiliki divisi lingkungan. Tapi klaim pertama produksi film, tetap dipegang "24".

Kenapa Produksi Film "24" Bisa Ramah Lingkungan?

-- Skenario dikirim via Internet.
-- Semua mobil yang dipakai, tipe hibrida yang sangat hemat energi.

-- Menggunakan solar berkadar biodisel 20 persen untuk mobil diesel. Di produksi berikutnya, mereka akan menggunakan truk ringan hibrida.

-- Lampu di kamar mandi dan dapur menggunakan saklar gerak, sehingga jika tidak ada orang, otomatis mati.

-- Listrik dipilih hasil tenaga angin dan matahari, meski membayar lebih mahal pada PLN-nya California.

-- Jika tidak bisa menghindari pelepasan karbon, seperti adegan kebut-kebutan atau menjungkirbalikkan mobil, mereka "membeli" karbon dari India.

Sumber: tempointeraktif.com/hg/sains

No hay comentarios:

Publicar un comentario