viernes, 13 de marzo de 2009

Manado Siap Menyambut Konferensi Kelautan Sedunia

Jakarta - Kota Manado sedang membenahi diri karena menjadi tuan rumah World Ocean Conference (WOC) atau Konferensi Kelautan Sedunia. Konferensi ini akan dihadiri sekitar 500 peserta dari 121 negara. Rangkaian dari konferensi tersebut adalah Coral Triangle Initiative Summit (CTI Summit) yang akan menghadirkan enam kepala Negara CTI, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon serta mitra CTI, yaitu Australia dan Amerika Serikat. Selain itu akan digelar berbagai side events WOC yang akan diikuti sekitar 1.500 peserta dari seluruh dunia.

Fasilitas lainnya yang sedang  disiapkan adalah membangun lima hotel berbintang dengan kapasitas 3.000 kamar dan harus sudah siap sebelum Mei 2009. Bahkan Bandara Sam Ratulangi pun dibenahi. Fasilitas garbarata ditambah, ruang VIP diperluas, ruang imigrasi dirapihkan dan apron bandara diperlebar agar mampu menampung 20 pesawat VVIP.

Bahkan Jalan Boulevard dari Bandara Sam Ratulangi menuju Kota Manado dibuat empat lajur. Di samping itu, pembangunan Grand Kawanua International Convention Centre berkapasitas 3.000 orang dikebut pembangunannya.

Sarana wisata ke Taman Laut Bunaken seluruhnya harus selesai sebelum Mei 2009. Juga persiapan sarana pembangkit listrik tenaga panas bumi 3 x 20 Megawatt, sarana telekomunikasi dan transportasi, internet Wimax.

Waktu bergerak cepat, semua menghitung hari, persiapan WOC’09 kerjasama lintas sektor terus berdenyut. Indonesia tengah meneguhkan dirinya untuk menjadi salah satu negara kelautan yang tangguh di dunia.

Sumber: Departemen Kelautan dan Perikanan

No hay comentarios:

Publicar un comentario