miércoles, 25 de marzo de 2009

Lowongan Kerja : Information Coordinator FFI Aceh

Fauna & Flora International Aceh Programme

Introduction

Fauna & Flora International didirikan pada tahun 1903 merupakan organisasi internasional yang paling lama berkiprah di bidang pelestarian alam. FFI merupakan organisasi nirlaba berpusat di Inggris yang memberikan dukungan teknis, pendanaan secara langsung serta konsultasi bagi penggerak dan organisasi-organisasi konservassi di 40 negara di seluruh dunia. Misi FFI adalah: Melakukan usaha konservasi terhadap jenis satwa maupun tumbuhan dan ekosistem yang terancam punah, menemukan solusi berkesinambungan yang berbasis ilmu pengetahuan dengan mempertimbangkan kebutuhan manusia. FFI telah melaksanakan proyek-proyek di Indonesia sejak tahun 1996, dan hadir di Aceh sejak tahun 1998 melalui Program Sumatra Elephant Conservation Program (SECP). 

Sejak Februari 2006, dengan bantuan dana Multi Donor Fund, FFI merelease Project Hutan dan Lingkungan Aceh (AFEP - Aceh Forest and Environment Project), dan fokus bekerja pada pelestarian Kawasan Hutan Ulu Masen dibagian utara Provinsi Aceh.

Deskripsi Pekerjaan -Information Coordinator

Tujuan 

# Posisi Information Coordinator lebih banyak fokus pada pengumpulan, identifikasi, dan analisis data, serta sebagai provider informasi untuk mendukung publikasi dan kampanye program FFI-Aceh kepada publik secara luas.

# Membangun jaringan dengan organisasi strategis untuk mendukung pencapaian tujuan konservasi di Kawasan hutan Ulu Masen.

Lokasi 

Banda Aceh dan melakukan traveling ke Kabupaten-kabupaten untuk melakukan riset data dan informasi.

Tugas dan Tanggungjawab 

* Berpartisipasi secara aktif sebagai staff dari Fauna & Flora International-Aceh Program terutama komponen komunikasi. 

* Bertanggungjawab terhadap proses pengumpulan dan verifikasi data informasi dari seluruh komponen di internal FFI-Aceh program dari analisis hingga publikasi. 

* Bertanggungjawab terhadap seluruh tahapan proses, product in-house media FFI-Aceh, Bulletin Ulu Masen per tiga bulan. 

* Bertanggungjawab terhadap proses publikasi seluruh kegiatan komponen di FFI-Aceh baik di media lokal, nasional, dan international, dengan menggunakan media cetak, elektronik, dan media online dengan indikator kuantitatif.

* Mengelola (Update) Website FFI-Aceh (ffi.or.id) secara berkala.

* Bertanggungjawab dalam pembuatan position paper, paper brief, info sheet, fact sheet, dan press release sebagai product publikasi FFI-Aceh untuk publik.

* Membangun jejaring dengan media massa di Aceh maupun di luar Aceh.

* Membangun jejaring dengan organisasi strategis untuk mendukung kerja FFI-Aceh. 

* Melakukan proses editing terhadap semua laporan yang akan dipublikasikan kepada publik. 

Persyaratan Kemampuan/Keahlian

* Sarjana S1 dan sederajat 

* Memiliki kemampuan teknik menulis, menggunakan komputer dan programnya termasuk microsoft world, excel dan powerpoint 

* Memiliki pengalaman yang relevan dengan program pendidikan dan penyadartahuan lingkungan/konservasi. Dengan minimum 3 tahun pengalam pernah menduduki posisi sejenis. 

* Lancar berbahasa Indonesia dan Inggris lisan dan tulisan serta dapat berbahasa atau mengerti bahasa Aceh 

* Mempunyai kemampuan yang sangat bagus dalam berkomunikasi baik secara lisan ataupun tulisan, termasuk memfasilitasi pertemuan dengan masyarakat, dan mampu berbicara di depan umum. 

* Mempunyai kemampuan dalam mengoperasionalkan hasil-hasil kebijakan rapat redaksi di in-house media.

* Mempunyai jaringan yang luas dengan media massa baik cetak, elektronik, dan online di level lokal, nasional, dan international.

* Mempunyai jaringan yang luas dengan kelompok organisasi masyarakat sipil, kelompok organisasi lingkungan, dan organisasi strategis lainnya.

* Mampu mengkomunikasikan lingkup pekerjaan dengan masyarakat disemua tingkatan (Desa; kemukiman; dan ibukota) dengan target pendengar (target audience) yang beragam (Pemerintah, sekolah, masyarakat umum) 

* Mampu berbicara di depan umum atau sebagai fasilitator 

* Mampu menunjukkan kemampuan dan pengalaman manajemen, termasuk teknis dalam memenuhi tenggat waktu/deadline dan mengelola staff. 

* Mampu mengerjakan beberapa projek dalam waktu yang bersamaan; 

* Dapat bekerja dibawah tekanan dan di lokasi terpencil.

* Memiliki inovasi dan inisiatif dalam membuat kegiatan pelestarian alam.

* Mampu bekerja secara bersama-sama dengan beberapa staff dalam satu tim.

* Bagus dalam pengelolaan dan pemanfaatan waktu dan berfokus pada hal-hal yang detail/rinci.  

Melapor kepada 

Communications Manager.

Bagi yang berminat silahkan kirim Application Letter, CV, dan tiga orang Referensi ke Dewi Kurnia, HRD Fauna & Flora International Aceh Programme, melalui :

E-mail: hr@ffi.or.id Aplikasi

Paling lambat  5 April 2009

11 comentarios:

  1. saya ingin mencari pekerjaan.saya lulusan S1 Pertanian Jurusan SOSEK

    ResponderEliminar
  2. ffi memang sudah lama saya mendengar kipraahnya, program yang dijalankan menurut saya adalah mulia, memelihara bumi ini dan menyadarkan manusia akan pentingnya ekosistem baik itu tumbuhan, dan alam sekitar, dan 2 orang teman saya sudah bergabung bersama ffi, informasi : saya lulusan ekonomi, selama tahun 2006 s/d 2009 p ekerjaan yang saya geluti bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat, baik itu pengumpulan data masyarakat penerima bantuan, pelatihan dan training2, pengecekan lokasi tujuan, dan menjadi staf lapangan di 4 lembaga, koperasi nbs banda aceh, atlas sigli, p2kp sabang dan brr nad-nias pusat.

    ResponderEliminar
  3. ffi merupakan program yang sangat strategis mengingat kita selaku masyarakat yang menghuni bumi sudah sepantasnya menjaga dan melestarikan ekositem dan lingkungan . saya ingin bergabung dengan ffi, mengingat kemampuan sebagai tenaga ahli bidang comuniti development merupakan lulusan dokter hewan dan telah banyak melakukan pelatihan bagi fasitataor pemberdayaan dalam berbagai program pemerintah maupun NGO.

    ResponderEliminar
  4. Pak Hamdani,

    Untuk lebih jelasnya, silahkan menghubungi FFI saja. Kami hanya memuat iklannya saja. trims

    ResponderEliminar
  5. saya sarjana ilmu komunikasi...saya teringat pada teman saya edi yang ada di Pulau Banyak....jadi saya tertarik bergabung dengan ffi dan saya telah menjalin kerjasama dengan yayasan pulau banyak yang bergerak di bidang konservasi penyu....
    hp 081397440808

    ResponderEliminar
  6. mas, silahkan kontak langsung FFI, by email....salam semoga sukses

    ResponderEliminar
  7. Saya sudah sangat sering meng apply lamaran ke ffi tp sejauh ini belum pernah dipanggil sekalipun hanya untuk interview, saya ingin tau sebenarnya kriteria yang dicari kualifikasinya seperti apa. atau buka lowongan hanya sebagai formalitas saja padahal orang2 yang akan menempati posisi yang kosong sudah ada.

    ResponderEliminar
  8. kawan Fran, matoa bukan FFI, kami hanya menyambung dan menampung semua pemikiran dan perasaan teman2, semoga bisa berjuang di tempat yang diinginkan

    ResponderEliminar
  9. salam lestari kawan-kawan,kenal kan nama saya; andang san. saya sagat sutuju se kali dengan adanya program FFI, masih ada orong yang simpati dengan lingkungan di dunia ini. saya tamatan D3 bahasa jepang..salam kenal aja....

    ResponderEliminar
  10. saya ingin bergabung tim anda

    ResponderEliminar
  11. saya siap menerima tantangan

    ResponderEliminar