jueves, 19 de marzo de 2009

Merokok Merusak Lingkungan

Merokok tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan perokok, tetapi juga sangat mempengaruhi atmosfer di sekitarnya. Asap dan puntung rokok lah yang paling mempengaruhi lingkungan, udara yang dihasilkan, pencemaran air dan tanah. Bahkan proses produksi rokok juga sangat berpengaruh kepada lingkungan.

Semua perokok berpikir bahwa merokok itu hanya merusak kesehatan mereka. Mereka mungkin tidak menyadari tentang kenyataan bahwa merokok secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan orang lain. Dan mereka adalah salah satu kontributor langsung polusi lingkungan.

Ada beberapa permasalahan lingkungan hidup, dimana setiap perokok harus menyadarinya. Merokok sangat mempengaruhi lingkungan. Artikel ini akan membahas berbagai efek dari merokok kepada lingkungan.

Merokok Penyebab Pencemaran Udara (merokok polusi lingkungan)
Hal yang sangat jelas bahwa merokok menyebabkan polusi udara dan juga ke tanah. Sekitar 4000 bahan kimia yang ada dalam rokok, yang hembuskan dan dilepas dalam atmosfer. Dari total penduduk Amerika Utara 30% dari mereka adalah perokok dan persentase penduduk yang merokok di negara-negara berkembang jauh lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah polusi besar-besaran sedang dilepaskan di atmosfer setiap hari.

Merokok Penyebab Pencemaran Tanah dan Air (merokok merusak lingkungan)
Polusi yang disebabkan karena merokok tidak dibatasi hanya untuk udara atau tubuh tetapi untuk beberapa hal juga bertanggung jawab untuk pencemaran tanah dan air. Setiap hari jutaan puntung rokok ditinggalkan di tanah. Ada juga puntung rokok yang akhirnya berakhir di danau dan sungai. Ikan dan hewan air lainnya memakan puntung rokok ini karena dikira makanannya, mengakibatkan kematian di air. Sisa puntung rokok di tanah akan memakan waktu sekitar 25-26 tahun untuk membusuk. Berbagai bahan tambahan dan bahan kimia yang meresap ke dalam tanah, mencemari tanah serta tanaman. Selama musim kering puntung rokok bahkan dapat menyebabkan kebakaran besar, yang tentunya sangat berbahaya bagi lingkungan.

Produksi Rokok Berdampak kepada Lingkungan (dampak lingkungan merokok)
Dampak lingkungan merokok: Dampak utama pada lingkungan hidup adalah saat produksi rokok berjalan. Tanah, yang digunakan untuk budidaya tanaman tembakau, lebih baik digunakan untuk memproduksi makanan untuk negara-negara dunia ketiga. Selain itu tanaman tembakau sangat rentan terhadap hama dan penyakit sehingga untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan digunakanlah berbagai bahan kimia dan pestisida yang berbahaya. Untuk produksi dan kemasan rokok memerlukan banyak sekali pohon sebagai bahan baku kertasnya.

Dalam satu jam satu unit pabrik rokok memerlukan hampir 4 mil kertas untuk gulungan dan kemasan rokok. Hanya untuk memproduksi 300 batang rokok, satu pohon disia-siakan. Energi dan air juga disia-siakan untuk produksi rokok maupun limbah kimia dari unit pabrik juga dibuang kedalam tanah. Oleh karena itu sangat jelas bahwa rokok telah menambahkan merugikan tubuh dan lingkungan.

Dengan menggunakan teknologi yang lebih maju sebenarnya industri tembakau dapat membantu dalam mengurangi tekanan bagi lingkungan, tetapi hanya untuk menyisihkan beberapa miliar dolar keuntungan/tahun industri tidak mau melangkah lebih jauh untuk menggunakan teknologi canggih. Yang terbaik dan cara termudah untuk mengendalikan kerusakan lingkungan ini, adalah berhenti membeli benda yang berbahaya ini (Rokok). Sangat sulit untuk berhenti merokok,  tetapi dampak langsung (kesehatan Anda) dan tidak langsung (lingkungan) akan sangat bermanfaat bagi anda sendiri.

Sumber: smoking.ygoy.com/smoking-and-the-environment/

Bacaan Terkait:

Blog Catatan Pecandu Rokok di pecandurokok.blogspot.com

Rokok : Kanker Bagi Paru-Paru Manusia, Kanker Bagi Paru-Paru Dunia di kabarindonesia.com

Rokok dan Paru-paru Dunia yang Semakin Rusak di analisadaily.com

Selamatkan Lingkungan, Berhentilah Merokok di ecofriend.org/entry/want-to-save-the-environment-start-by-quitting-smoking/

4 comentarios:

  1. saya pernah makan soto yang enak menurut saya, tepatnya di warung soto kadipiro jalan wates, jogjakarta.
    di atas pintu kasirnya ada tulisan "SILAHKAN MEROKOK SENIKMAT-NIKMATNYA"
    yah.., memang abis menikmati soto dan es limun yang khas, enaknya memang menikmati rokok senikmat-nikmatnya.
    hehe...

    ResponderEliminar
  2. waduh, saya bisa dibilang perokok berat..tapi ada niat pengen berhenti..nah itu dia yang susah..niat ada tapi pas pelaksanaanya susah bangetz +(

    ResponderEliminar
  3. bener tuch tapi, masalahnya kalo orang indonesia pada berhenti merokok gimana perusahaan rokok pada bangkrut nanti yang bayar beacukai capa???????????????/////

    ResponderEliminar
  4. Buat Karoenggonny, kalo perusahaan rokok pada bangkrut, sudah tidak ada beacukainya lagi dong, ga perlu bayar toh.

    ResponderEliminar