martes, 21 de abril de 2009

Jaring Penahan Tanaman di Tebing

Pameran Indo Green Forestry yang berlangsung di Jakarta Convention Center berakhir pada 17 April 2009. Seperti datang ke pesta pernikahan, telat sedikit, makanannya pun tinggal sisa. Begitu pula dengan Indo Green Foresty Expo. Hari terakhir, jumat sore, menyisakan beberapa stand yang sudah kehabisan leaflet dan informasi lainnya.

Tak pendek akal, walau menyisakan sedikit informasi, pandangan mata tertuju pada gapura dengan tulisan "Forum Reklamasi Hutan Padan Lahan Bekas Tambang".

Pameran hutan di Indonesia  kali ini bertema Save The Forest, Save The World.  Tidak hanya  departemen atau balai konservasi saja yang memajang upaya-upaya penyelamatan hutan di Indonesia. Juga ada perusahaan seperti   PT. Indo Green Planet yang menjual kebutuhan bagi perusahaan yang ingin  menghijaukan kembali lahan-lahan bekas tambangnya.

Saya bertemu dengan Faisal dari PT. Green Planet Indonesia di area Forum Reklamasi ini.  Tergelitik menanyakan jaring yang  terpasang  di meja pameran.

"Apa kegunaan dari jaring tersebut?"

“Ini Jute Net, penahan erosi, penahan benih tanaman. Jadi pada saat disemprot tanaman di tebing, bisa tertahan,” jelas Faisal.

Ternyata, PT. Green Planet Indonesia ini mengembangakan pembuatan jaring untuk penahan bibit tanaman di tebing dengan kemiringan lebih dari 60 derajat di lahan bekas pertambangan. Penamanan ini namanya hydro seeding alias tehnik penghijauan.

Ukuran jaringnya berbeda. Semakin tebal semakin kuat. Faisal menambahkan informasi kegunaan jute net tadi. Jadi, kalau perusahaan tambang akan melakukan penghijaun dan mereklamasinya dan membutuhkan bibit tanaman kacang-kacangan. Silahkan Anda menghubungi:

PT. Green Planet Indonesia
Komplek Puri Britania
Jl. Puri Ayu Raya Blok 17 No. B 37
Jakarta 11610
E-mail: green77@cbn.net.id
Tlp. 021 – 583 04 822

2 comentarios:

  1. istiraht sejenak dr pekerjaan sy iseng2 buka-2 sedikit informasi di website mengenai indogreen expo yg lalu pada tgl 14-17 april 2009.
    tanpa di sengaja saya membuka blog ini yg membuat mata kita terbuka lebar2 yg didalamnya memberikan kita byk informasi mengenai penghijauan guna "save the world".
    pada tgl 17 april 2009 saya teringat bertemu seorang wanita cantik di pameran indogreen expo 2009 beberapa waktu yg lalu. ternyata wanita tersebut yg menulis artikel ini yg memberikan informasi penting ini kepada kita smua,ini salah satu tindakan yg mulia karena memberikan jalan kepada smua org untuk membantu menyelamatkan bumi ini. terima kasih kepada penulis mbak Irma dana yg telah menjelaskan dalam bntuk tulisan yg mulia ini mengenai teknik penghijauan salah satunya teknik hidroseeding. semoga tulisan2nya selalu memberikan manfaat bagi kita smua sebagai pembaca.

    ResponderEliminar
  2. Mohon informasi Alamat dari Forum Reklamasi Hutan pada Lahan Bekas Tambang.
    Untuk informasinya saya ucapkan banyak terima kasih.

    ResponderEliminar