martes, 28 de abril de 2009

Ketepeng Obat Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti panu dan kurap tentunya tak asing lagi bagi kita. Sekarang banyak obat beredar dipasaran untuk menyembuhkannya. Sebetulnya, panu dan kurap tadi bisa juga disembuhkan dengan semacam tanama perdu yang bisa ditanam di halaman rumah, karena pohonnya rindang.

Ketepeng cina (Cassia alata) atau disebut juga Ketepeng Kebo di Jawa dan Ketepeng badak begitu orang Sunda menyebutnya. Jenis perdu yang besar dan banyak ditemukan tumbuh secara di tempat-tempat lembab.

Ukuran daunnya besar-besar dengan bentuk bulat telur yang letaknya berhadap-hadapan satu sama lain dan terurai lewat ranting daun (bersirip genap). Bunga ketepeng cina mempunyai mahkota yang pada bagian bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna coklat muda. Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam. Ketepeng Cina tumbuh subur pada dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut.
Lalu apa kegunaan ketepeng selain mengobati panu dan kurap? Daun ketepeng juga sangat mujarab mengobati sembelit, sariawan , dan cacing keremi. Mau tahu cara meramunya? Silahkan ikuti petunjuk di bawah ini:

Bagian yang dipakai dari ketepeng adalah daun.

• Pengobatan untuk penyakit kulir panu, kurap. Ambil satu genggam daun ketepeng cina yang masih segar. Tambahkan sedikit tawas atau satu sendok makan kapur sirih. Setelah itu, semua bahan direbus, dilumatkan sampai menjadi bubur. Ramuan yang sudah jadi digosokkan dengan kuat pada kulit yang sakit. Coba lakukan dua kali setiap harinya.

• Untuk mengatasi sembelit (susah buang air besar). Cukup ambil tujuh lembar daun muda ketepeng cina segar. Rebuslah daun dengan dua gelas air hingga mendidih sampai godokkan menjadi satu gelas. Setelah dingin, godokkan ketepeng cina diminum sekaligus.

• Bagi penderita sariawan. Ambil empat lembar daun ketepeng cina segar, tambahkan garam secukupnya. Cuci bersih daunnya, lalu kunyah dengan garam secukupnya (seperti mengunyah sirih) selama beberapa menit. Kemudian airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

• Cacing Keremi sering menyerang anak-anak. Coba ambil tujuh lembar daun ketepeng cina segar. Tambahkan asam secukupnya untuk menghilangkan bau. Masukkan dua sendok teh bubuk akar kelembak. Semua bahan direbus dengan dua gelas air hingga mendidih sampai menjadi satu gelas. Godokkan ketepeng disaring dan diminum selagi hangat.

Komposisi :
Sifat kimiawai dan efek farmakologis dari ketepeng cina adalah: pedas, hangat, insecticidal, menghilangkan gatal-gatal, pencahar, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Kandungan kimia ketepeng cina : Rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein, aloe emodina, asam krisofanat, (dihidroksimetilanthraquinone), tannin.

Nama loka Ketepeng cina:
Seven golden candlestik (Inggris), Ketepeng kebo (Jawa); Ketepeng cina (Indonesia), Ketepeng badak (Sunda); Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera),; Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore); Daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru'kap (Sumatera).

Sumber: iptek.net.id

4 comentarios:

  1. ketepeng manjur lho,dl aku gatal2 akibat alergi,minum obat dktr ngga sembuh2,malah dikasih ketepeng bs sembuh,tanpa biaya yg mahal pula

    ResponderEliminar
  2. terima kasih atas sharing pengalamannya mas Didit, salam matoa

    ResponderEliminar
  3. aq masih bingung lha dengan daun ketepeng a. emang ibetul dapat mengobati penyakit kulit, tapi kata banyak orang kalo kita makan makanan yang amis2, penyakit itu akan kambuh lagi. apa irtu benar yap????
    from: kartini HONGKONG

    ResponderEliminar