miércoles, 22 de abril de 2009

Sengon Unggulan Nusantara

Oleh-oleh mengunjungi Indo Green Forestry Expo 2009 yaitu tentang kayu Sengon yang mempunyai beragam manfaat. Dimana kebutuhan akan kayu sengon sebagai bahan baku industri dari tahun ke tahun meningkat. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, diperlukan percepatan masa panen yang dinilai layak baik fisik maupun ekonomi.

Untuk mendapatkan percepatan, maka diperlukan rekayasa/inovasi teknologi perakaran pada pembiakan generatif yang berasal dari biji, bersertifikat yang jelas asal usulnya, yaitu Sengon Unggul Nusantara (SUN).

Apa sih keunggulan SUN itu?
Sengon dengan nama dagang SUN mempunyai perakaran tunjang majemuk. Menghasilkan Sengon tumbuh cepat, kokoh dan kayu berkualitas. Dapat dipanen mulai umur tiga tahun dan memberi manfaat secara ekonomi, sosial dan lingkungan.

“ SUN yang dipanen itu yang memiliki diameter 20-25 cm. Ini sudah bisa dipake untuk industry plywood juga peti kemas buah-buahan,” ungkap Intan Legiawati dari Koperasi Departemen Kehutanan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahu lebih banyak tentang Sengon Unggul Nusatara untuk penghijauan di lingkungan Anda. Silahkan menghubungi:

Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara
Gedung Manggala Wanabakti Blo I, Lantai 15
Jl. Gatot Subroto Senayan – Jakarta
E-mail : kpwn_pusat@yahoo.com
Tlp. 021 – 5700 229

41 comentarios:

  1. berapa harga bibit sun mohon informasinya

    ResponderEliminar
  2. Berapa harga sun?
    Bagaimana ketahanan terhadap penyakit sengon sekarang ini?

    ResponderEliminar
  3. Pak Arie, silahkan hubungi alamat di bawah ini untuk info lebih lanjut mengenai SUN:

    Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara [KPWN]
    Gedung Manggala Wanabakti Blo I, Lantai 15
    Jl. Gatot Subroto Senayan – Jakarta
    E-mail : kpwn_pusat@yahoo.com
    Tlp. 021 – 5700 229

    ResponderEliminar
  4. Saya puya lahan 2 ha rencana akan saya tanami sengon laut,setelah membaca artikel adanya sengon unggulan nusantara saya jadi tertarik. ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan , Dimanakah saya mendapatkan bibit tersebut untuk didaerah malang. 2, berapakah harga bibit tersebut. 3, apakah menjual bibit yang masih berbentuk biji. 4, apakah keunggulan dari bibit sengon tersebut.

    Max teddy
    malang.

    ResponderEliminar
  5. Untuk jelasnya silahkan Max hubungi langsung :
    Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara [KPWN]
    Gedung Manggala Wanabakti Blo I, Lantai 15
    Jl. Gatot Subroto Senayan – Jakarta
    E-mail : kpwn_pusat@yahoo.com
    Tlp. 021 – 5700 229

    ResponderEliminar
  6. mashuri fathul bari7 de agosto de 2009, 9:03

    saya mencoba merintis usaha pembibitan. untuk sementara ini yang saya coba bibit sengon lokal. kemudian saya mendengar bibit unggul. trus... dimana saya bisa mendapatkan benihnya?.

    ResponderEliminar
  7. Mohon kirimkan kealamat saya brosur/informasi lebih lanjut.
    Abdul Muhri
    Jl. Cut Meutia No. 7 Komplek Losmen Abdi Tulaan Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil 23884

    ResponderEliminar
  8. silahkan hubungi langsung ke :
    Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara [KPWN]
    Gedung Manggala Wanabakti Blo I, Lantai 15
    Jl. Gatot Subroto Senayan – Jakarta
    E-mail : kpwn_pusat@yahoo.com
    Tlp. 021 – 5700 229

    ResponderEliminar
  9. trimakasih atas infon SUN saya mohon info dimana dapat benih / biji krn saya ingin mendapatkan benih dalam bentuk biji krn saya ada di KALIMANTAN TENGAH , Trimakasih semoga dpt info yg terbaik

    ResponderEliminar
  10. Pak Bahrudin, silahkan kontak langsung, sesuai alamat yang telah diberikan, semoga berhasil, amin

    ResponderEliminar
  11. saatnya kita tanam jabon,,kualitas dan harga diatas sengon dengan kekebalan dari karat tumor yang banyak menyerang sengon,bahkan 90 persen hampir punah,,,,,

    jabon-kendal.blogspot.com
    pembibitan,konsultasi,investasi,penjualan kayu

    ResponderEliminar
  12. Saya ingin diinformasikan bagaimana cara budidaya sengon yang baik dan seberapa jarak tanam sengon yang ideal... serta berapa harga bibit sengon per batang.
    Dan dimana bisa saya dapatkan bibit sengon di daerah Tuban...lamongan ... trima kasih.

    ResponderEliminar
  13. saya orang yang sedang budi daya sengon ada beberapa hektar yang sudah tanami baru sekitar 2500 pohon saya tanam, tapi dengan adanya berita ini, saya tertarik untuk mendapatkan, mohon sarannya !....

    ResponderEliminar
  14. dh,
    mohon informasi bagaimana saya saat ini bisa segera mendapatkan bibit sengon unggul nasional, domisili saya di secang magelang jawa tengah.
    terima kasih.
    lukman

    ResponderEliminar
  15. dimana penjual SUN terdekat, untuk ditanam di Garut Jawa Barat

    ResponderEliminar
  16. Ayo kita tanam sengon,,,sekalian melestarikan karat tumor dan ulat kantong,walau jabon lebih mahal dan lebih bagus serta tahan penyakit.mari kita fanatik bodoh sengon yes,kebodohan yes,jangan tanam jabon biar kita miskin tetep aje sengon tumoren

    ResponderEliminar
  17. abon alternatif pengganti sengon

    BATANG- Warga Desa Sangubanyu, Kecamatan Bawang, Batang kini mulai mengembangkan tanaman jenis baru yakni tanaman jabon. Tanaman ini digunakan sebagai alternatif pengganti sengon yang sering terkena penyakit karat tumor dan ulat kantong yang sulit diatasi. Pengembangan tanaman ini dilakukan di atas lahan desa seluas 5 hektar, dan telah berjalan sejak dua tahun terakhir. Menurut Krishnadi Pryana, Direktur Umum PT Sekawan Sumber Sejahtera, Temanggung yang mempelopori penanaman tanaman alternatif tersebut, mengatakan bahwa tanaman ini bisa hidup dii ketinggian 10-1300 m dari permukaan laut, dan bisa hidup di segala lapisan tanah.

    “Tanaman ini mempunyai sifat menggugurkan daun sendiri sehingga tanpa pemangkasan, serta memiliki kecepatan tumbuh. Tanaman ini sangat bagus digunakan sebagai kayu lapis, vinir, konstruksi ringan, kertas dan mebel,” katanya.

    Dia juga mengatakan, kayu ini memiliki tekstur halus mirip kayu pinus dengan warna putih kekuning-kuningan. Tanaman ini diyakini tahan hama karat tumor dan ulat kantong.

    Bahkan menurutnya, dari uji coba di lahan Kalimantan pada usia 3 tahun diameternya mencapai 30 cm, dan tinggi 13 meter.

    Prospektif
    Dia juga menambahkan dari satu hektar tanaman jabon bisa ditanamni sekitar 800-1.000 batang tanaman jabon, dengan hasil antara 300-400 meter kubik.

    Saat ini harga kayu jabon diameter 30 cm di atas Rp 1 juta, maka diperkirakan dalam 5 tahun keuntungan yang dapat dicapai sekitar Rp 300-400 juta.

    “Saat ini kebutuhan kayu sangat meningkat, apalagi kayu alam dan tebangan baru bisa memenuhi 55 persen kebutuhan industri. Dan jabon sangat layak dikembangkan karena cepat tumbuh dengan kualitas bagus,” ujarnya.

    Dalam acara penamanan itu, Kades Sangubanyu, Supriyanto didampingi pihak investor, Dewi Setyanto mengatakan sangat mendukung pengembangan jabon.

    Masyarakat juga bisa bersyukur lantaran ada terobosan tanaman pengganti sengon yang tidak rentan terkena hama.

    Sementara Dwi Setyanto mengatakan bahwa pihaknya telah menanam hampir 70 hektar jabon di Kabupaten Kendal dan Batang, dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat.
    “Kami juga membuka konsultasi tentang tanaman ini dan siap menampung penjualan kayu,” katanya.

    dwi setyanto
    konsultan,market,investor,konsultan jabon resmi
    hp.085226662303

    wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=37080&Itemid=34

    ResponderEliminar
  18. Bagaimana cara mendapatkan bibit sengon, sy tertarik sekali nd pingin menaman dan mengembakan trims

    ResponderEliminar
  19. CV.SAHAM JABON INDONESIA, membuka kerjasama bagi yang tertarik untuk investasi tanaman kayu jabon, dengan pola bagi hasil. Nilai inves per ha Rp.20 Jutan dengan skim investor 50 % dari hasil bersih pada saat panen. Potensi dalam jangka waktu 6 tahun, bagi investor bisa meraup penghasilan rp.150 juta. Penjelasan lengkap silahkan hubungi ke hp. 081315308499 atau alamat email : mochammadromdhon@yahoo.com

    ResponderEliminar
  20. jabon,,,investasi menguntungkan bagi anda yang tidak takut kaya,,,jabon-kendal.blogspot.com
    1.harga kayu lebih mahal dari sengon
    2.bebas karat tumor dan ulat kantong
    3.pertumbuhan lebih cepat dari sengon
    jangan tanam jabon,,,bila anda takut kaya,,penjualan kayu kami siap m.o.u

    ResponderEliminar
  21. sy punya lahan cuma 1209m2 rencana sy mau tanami sengon laut. Sy tertarik sekali dgn tanaman tsb. Pertanyaan yg ingin sy tanyakan adalah : 1. Dmn sy mndptkan bibit tsb utk daerah Yogyakarta? 2. Brp hrg bibit tsb? 3. Apakah menjual bibit yg masih berbentuk biji yg siap ditanam? 4. Brp hrg per kg bibit berupa biji? 5. Keunggulan bibit tsb apa dan yg terakhir, apakah bisa ditanam pada saat tidak musim hujan???. Terima kasih atas infonya buat sy.

    ResponderEliminar
  22. males..aku mau nanem jabon aja..sengon dah modar kena tumor dan ulat kantong.

    ResponderEliminar
  23. Bagi rekan rekan yang mau membudidayakan karat tumor dan ulat kantong,saya menyediakan sengon super duper bumper jauh lebih hebat dari solomon atu sun ,,3 tahun penuh tumor dan ulat kantong ,hub agus di hp sugeng 081548661417 harga 100 rupiah per batang

    ResponderEliminar
  24. dijual murah,sengon super solomon sun 10 ha,isi 10.000 batang usia 2 tahun.,,,sudah penuh dengan karat tumor,,lokasi di temanggung,hubungi
    08132629606

    hanya 2 juta aja

    ResponderEliminar
  25. Dijual sengon sun super ,seluas 3 ha,jumlah,jumlah 5rb batang usia 3 tahun,,sudah penuh dengan karat tumor,bahkan ada yg diameter tumornya 50cm,,super murah 50 jt aja,,hub 081326737787

    ResponderEliminar
  26. terserah orang mau bilang apa tentang sengon,karena klo rejeki tak kemana .sengon di lampung menjanjikan karena pabriknya sudah ada disini dan menjanjikan untuk bahan triplek,wewewe...

    ResponderEliminar
  27. bibit jabon mahal, bibit jabon mahal,bibit jabon mahal.dan belum teruji boo?

    ResponderEliminar
  28. Alhamdulillah,,,dari 100 batang kayu jabon gue usia 5 tahun,,,bisa buat naik haji ayah dan ibuku,,,,,andy jember

    ResponderEliminar
  29. Ayo,,,pada nanam sengon,,,gue dah laper mau makan ntu sengon ampe punah

    ResponderEliminar
  30. 13 tahun lalu,,saya pertama nanam sengon ditertawakan karena dikira tidak laku,,,setelah panen sengon saya laku mahal ,orang orang pada mengikuti..kini setelah sengon ditempat saya punah kena ulat kantong dan karat tumor ,saya nanam jabon,,ditertawakan.,padahal ,hanya orang yang bodoh dan takut kaya takut nanam jabon,,kita sudah uji kayu jabon dibikin produk apa saja kualitasnya diatas sengon,,bibitnya mahal?kata siapa?kalau sekarang anda beli ditempat saya 1250 anda 5 tahun dapat uang 500 rb apa mahal?,,

    ResponderEliminar
  31. Jual bibit sengon sun,murah per batang 150 rupiah,,hub 085226552303
    Bersertifikat unggul dan dijamin dimakan karat tumor

    ResponderEliminar
  32. Kalu mau jual kayu sengon untuk kebutuhan industri kertas, yg dibutuhkan usia pohon brapa tahun? dan kemana saya harus manjual? mohon infonya, terimakasih.

    ResponderEliminar
  33. siapa bilang bibit jabon mahal,,anda beli bibit ditempat kami antara 500 sd 1500 rupiah per batang,,5 tahun dijual laku 300 ribu,,,

    anda tanam sengon harga bibit 500,,3 bulan dimakan ulat kantong atau karat tumor,?

    wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=20320&Itemid=53

    surya.co.id/2009/05/26/jamur-karat-tumor-serang-magelang.html.

    ResponderEliminar
  34. Saya tawarkan u anda pribadi,perusahaan,pesantren.yayasan,koperasi.yg ingin berinvestasi sengon kami melayani untuk bibit sampai penanamanya untuk seluruh indonesia. Berminat. Hub. Sugimen77@gmail.com

    ResponderEliminar
  35. bagi anda yang ingin mengembangbiakkan karat tumor dan ulat kantong,kami jual sengon herkules,,,harga 100 rupiah
    hub badu di hp 081326252562

    ResponderEliminar
  36. Mohon info mana lebih baik menanam sengon atau jabon

    ResponderEliminar
  37. Mohon info di mana mendapatkan bibit SUN?
    Lebih unggul mana dengan sengon laut?
    Cocok atau tidak di tanam di daerah perbukitan yang kering dan tidak jauh dari pantai?

    ResponderEliminar
  38. saya sedang berencana into invest lahan di kalbar, tadinya mau pakai sawit. saya ingin sebagian coba jabon karena prospeknya yang sangat baik. ada yang sudah pengalaman di sana, cocok tidak dengan kondisi tanah di sana. tks

    ResponderEliminar
  39. ada yg punya bibit jabon merah (samama/Anth. Macrophyllus) ga...?

    ResponderEliminar
  40. @ lalu orang pintar tanam jabon

    orang bodo,tanam sengon,,setelah melihat bahwa sengon unggul,karena bisa mengembangbiakkan karat tumor,ulat kantong,gendon,,,

    ResponderEliminar
  41. jabon hasil penelitian banyak merugikan masyarakat penanam..jabon dari umur 3-18 bulan cepat pertumbuhannya setelah sangat lambat pertumbuhannya..sy menanam jabon sejak 4 tahun lalu tingginya hanya 4 meter dgn diameter 8-10cm..

    ResponderEliminar