lunes, 6 de abril de 2009

Kenikir Tanaman Pekarangan Berkhasiat

Sudah pernahkah anda memakan daun kenikir? bagi kita yang diperkotaan besar  tentunya sudah tidak mudah untuk mendapatkannya. Rasa dan aroma yang khas membuatnya menjadi makanan yang cukup mengundang selera. Biasanya dimakan daunnya yang mentah baik untuk lalap, sayuran dalam urap ataupun lain.

Hari ini sebelum berangkat ke kantor, saya menyempatkan diri untuk melihat tanaman kenikir yang berada di halaman rumah, waah ternyata sudah mulai berbunga dan mekar. Tanaman kenikir mudah sekali ditanam, yaitu dengan biji, tidak memerlukan lahan yang luas bahkan di dalam pot  juga bisa asalkan mendapat sinar matahari yang cukup. Ternyata tanaman yang banyak kita temui di Indonesia ini berasal dari Amerika Latin dengan nama Cosmos caudatus.

Bagaimana manfaatnya, ternyata cukup banyak yaitu obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang serta bisa menjadi pestisida organik sebagai pengusir serangga. Kenapa? karena kandungan yang terdapat di kenikir ini mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol (Fuzzati et al., 1995).

Selamat mencoba menanam kenikir!

No hay comentarios:

Publicar un comentario