martes, 7 de abril de 2009

Lindungi dari Plastik Mengandung Bisphenol A

Kontroversi bahwa BPA (bisphenol A) bagi pemerintah Amerika ternyata sudah berakhir, dengan dinyatakan sebagai bahan yang terlarang terkandung di dalam tempat makanan dan minuman terbuat dari plastik. Hal ini menyusul setelah pemerintah Canada juga melarangnya lebih dahulu pada tahun 2008. Bagaimana dengan pemerintah Indonesia? jawabannya tentu masih butuh waktu, untuk itu mari kita secara individu mewaspadainya.



Kenapa Bisphenol-A berbahaya karena bila larut ke dalam makanan dan minuman berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.

Dimana bisa ditemukan bisphenol A, umumnya ditemukan pada wadah makanan dan minuman plastik bahkan yang tragis bisa ditemukan pada botol bayi kita. Kandungan  berbahaya ini bisa larut saat plastik mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih dan air panas.
Memang saat ini belum ada ketentuan khusus tanda yang menyatakan bahwa plastik ini mengandung bisphenol A atau tidak, yang penting bagi kita adalah kemampuan untuk mencermati dan mengenali tanda-tanda plastik dan proses bagaimana zat ini berbahaya bagi tubuh kita. Untuk itu silahkan mempelajari dari ulasan tanda-tanda plastik.

No hay comentarios:

Publicar un comentario